Jangan Pernah Memukul Atau Mengguncang Seorang Bayi

By Najwa Mahesanti Categories: Kesehatan Keluarga

http://kesehatankeluarga.netAnda mungkin belum mengajarkan kedisiplinan pada bayi Anda. Bagaimana pun, bayi Anda baru berusia 3 bulan! Tetapi ada beberapa hal mengenai disiplin yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

“Disiplin” berasal dari kata “disciple”, yang berarti murid. Berpikirlah tentang bagaimana mengajarkan sesuatu, bukan menghukum.

Hal yang penting yang dapat Anda ajarkan pada bayi Anda adalah untuk mempercayai Anda. Anda dapat melakukan hal ini dengan memenuhi kebutuhannya, sehingga ia mempelajari bahwa Anda ada ketika ia membutuhkan Anda.

Di kemudian hari, Anda akan merasa perlu untuk membuat batasan-batasan untuk menjaganya tetap aman. Kepercayaan yang bayi miliki pada Anda akan membantu ia untuk mematuhi Anda, dan ia pun bisa menyenangkan Anda.

Bayi kecil tidak melakukan sesuatu dengan tujuan untuk mengganggu Anda, walaupun kelihatannya kadang-kadang memang seperti itu. Bayi tidak bisa berhenti menangis, mengacaukan popok, atau terbangun di malam hari ketika Anda ingin tidur.

Memukulnya tidak akan membantu; hanya menyakiti saja. Anda tidak dapat mengajari bayi Anda untuk berhenti menarik-narik rambut Anda, menjatuhkan mainan atau menaruh mainan di mulut dengan memukulnya. Bersabarlah. Bayi melakukan segala sesuatunya sebaik yang ia bisa.

Jangan pernah memukul atau menguncangkan seorang anak. Guncangan dapat menyebabkan kerusakan otak permanen, kebutaan, bahkan kematian.

Setiap orang tua kadang-kadang merasa gelisah dan putus asa. Tetapi apabila Anda pernah merasa sangat marah sehingga takut akan dapat melukai Anda, carilah pertolongan.

Carilah penjaga atau teman supaya Anda dapat beristirahat. Sebagai jalan terakhir, tarulah bayi dengan aman pada tempat tidurnya, tutuplah pintu selama 15 menit, dan beristirahatlah. Telepon “kelompok orang tua tanpa nama” atau kelompok lain untuk berbicara.