Obat Vinblastin Untuk Limfoma

https://kesehatankeluarga.netAntimitotika

Zat-zat ini menghindari pembelahan sel pada metaphase (tingkat kedua dari mitosis), jadi merintangi pembelahan inti, seperti obat encok colhicin.

 

Berlainan dengan zat alkilasi yang juga merintangi pembelahan inti dengan jalan mengganggu pembelahan kromosom itu kedalam anak inti.

Obat-obat yang kini digunakan adalah hasil tumbuhan, yakni alkaloida vinca (vinblastin, vinkristin dan derivate semi-sintetiknya vindesin), podofilin (serta derivate-derivatnya etoposida dan tenoposida) dan obat-obat terbaru dari kelompok taxoida (pacliataxel, docetaxel).

Vinblastin: Erbablas, Velbe

Alkaloid ini, bersama derivatnya vinkristin, diperoleh dari vinca rosea. Obat ini banyak digunakan pada bermacam-macam limfoma (M.Hodgkin dan non-Hodgkin) dengan efektifitas tinggi (sampai 80%) dan tak jarang menghasilkan penyembuhan lengkap.

Biasanya sebagai terapi kombinasi dengan bleomisin dan cisplatin, atau dengan doksorubisin dan/ atau prednisolon. Obat ini digunakan pula pada kanker testis, buah dada dan lain-lain.

Efek sampingnya terutama berdasarkan myelosupresi kuat, terutama leucopenia yang biasanya hilang setelah satu minggu. Lagi pula rasa lelah, mual, muntah-muntah dan demam, lebih jarang rontok rambut dan radang saraf (neuritis) dengan kesemutan jari-jari tangan. Dosis: i.v.0,1-0,2 mg/kg (sebagai sulfat).

BACA:  Dosis Serta Efek Samping Obat Retroviral Tenofovir dan Zidovudin

TOPIK MENARIK LAINNYA

nama nama obat dan mekanismenya, codein untuk batuk kering, apakah freshcare bisa expired, Luka poros, Pengobatan alami luka poros, Efek luka poros, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, kenapa kalpanax cair ditarik dari peredaran, kalpanax cair hilang dari peredaran, kalpanax cair ditarik dari peredaran, cara membengkokkan kaca pipet, bokep anak kecil, cara melarutkan kapur barus, harga obat proneuron, pipet kaca di alfamart