Cara Menggunakan Obat Tetes Hidung

kesehatankeluarga.netTetes hidung

Pada umumnya obat terarut dalam air dan digunakan terhadap hidung tersumbat akibat membengkaknya selaput lendir, juga pada nyeri telinga akibat tersumbatnya saluran eustachius. Dalam hal terakhir obat janganlah diteteskan kedalam telinga, melainkan kedalam hidung! Semua tetes hidung mengandung suatu zat pengawet untuk menghindarkan pertumbuhan kuman dan jamur. Obat tetes hidung harus memenuhi persyaratan tertentu(isotonis) agar jangan merusak selaput lendir dan lapisan bulu getarnya.

 

Cara menggunakan:

Terlebih dahulu dibersihkan kedua lubang hidung, lalu kepala dimiringkan kebelakang sejauh mungkin. Melalui pipet, tetesan dimasukkan ke lubang hidung dan obat dihirup dengan hati-hati. Pada anak kecil sebaiknya obat diteteskan samba anak berbaring pada sisinya. Sering kali kepala justru ditengadahkan, tetapi jika posisi ini terlalu lama, maka tetesan langsung mengalir kerongga tenggorok dan kerja obat menjadi kurang baik, serta rasanya tidak enak dimulut. Setelah itu pipet dicuci bersih untuk menghindarkan infeksi dari sisa obat yang terkontaminasi dengan kuman dari hidung. Untuk alasan yang sama, janganlah menggunakan satu botol dengan pipet yang sama untuk 2 atau 3 orang.

BACA:  Obat-obat untuk Migren

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek samping bawang merah untuk karet, pinggang terbentur, Ciri ciri bintitan sudah mau sembuh, tertusuk duri lcd 10, Kenapa obat tetes mata herbal Honey Drops tidak boleh di pakai mata sudah di oprasi, kegunaan salep klorampekol, merk gliserin di apotik, pipet kaca di alfamart, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara melarutkan kapur barus, cara membuat bubuk gatal sederhana, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, cara beli pipet kaca di apotik, efek samping cream bl