Infeksi Cacing Gelang

https://kesehatankeluarga.netCacing gelang

 

Cacing gelang mirip tanah biasa dan dapat mencapai panjang 10 sampai 30 cm. biasanya hidup dalam rongga usus halus, dimana betinya bertelur dalam jumlah sangat besar. Seharinya dikeluarkan sekitar 200.000 telur bersama tinja.

 

Cacing ini sering menghinggapi anjing. Telur-telurnya yang dikeluarkan dengan tinja dapat menulari, terutama anak-anak bila bermain di tanah. Bahaya dari infeksi ini disebabkan cacing dapat menembus dinding usus dan menjalar ke organ-organ lain bila tidak diobati dengan tuntas. Akibatnya dapat terjadi penyumbatan usus dan peradangan umbai usus buntu. Pada anak usia dibawah 5 tahun, cacing adakalanya mengembara dan keluar dari hidung atau mulut.

Pengenalan.

Infeksi cacing gelang mudah dikenali melalui pemeriksaan tinja, cacing dan telur-telurnya kentara dengan jelas. Pengobatan kerap kali harus diulang setelah beberapa minggu karena tidak semua cacing atau telurnya dapat dimusnahkan sekaligus.

BACA:  Sindrom Kematian Bayi Mendadak

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm