Derivate Pirimidin Fluorurasil

 

https://kesehatankeluarga.netFluorurasil: 5-FU, Efudix.

Derivate pirimidin ini (1962) merintangi sintesa DNA melalui saingan dengan pirimidin. Banyak digunakan sebagai antagonis-pirimidin untuk tumor yang sudah menyebar dari buah dada, usus besar dan poros usus (rectum), juga dari lambung, hati dan pancreas.

Efektifitasnya (20-30%) diperbesar dengan terapi kombinasi, misalnya dengan siklofosfamida dan adriamisin/MTX (kur CAF/CMF) atau dengan adriamisin dan mitomisin (kur FAM). Secara dermal digunakan sebagai krem 5% pada kanker kulit dan pertandukan abnormal (keratosis, Efudix).

Efek sampingnya lebih kurang sama dengan MTX dan merkaptopurin.

Cytarabin (Cytosar-U, Alexan) adalah derivate obat virus idoksuridin yang berkhasiat virustatis pula disamping efek sitostatiknya (1969). Obat ini terutama digunakan pada leukemia akut tertentu, kerjanya hanya singkat, lebih kurang 20 menit.

Dosis: infuse intravena 100-200 mg setiap 5 hari, biasanya terkombinasi dengan suatu antagonis-pirimidin lain, misalnya thioguanin (lanvis).

BACA:  Obat Jampes (Tinea Cruris) Alami dari Tumbuhan

TOPIK MENARIK LAINNYA

Harga pipet di Apotik K24, efek samping neprholit, theramichin, cara mengatasi luka getah jambu mente, larutan burowi, penanganan mata terkena getah katus, Getah kaktus kena mata, Cara mengobati mata Terkena getah kaktus, anti nyeri kecelakaan, rohto cool untuk anak 3 tahun, ginjal minum yakult, reaksi em kapsul, pel atom k24, em kapsul, biji pateng