Derivate Pirimidin Fluorurasil

https://kesehatankeluarga.netFluorurasil: 5-FU, Efudix.

Derivate pirimidin ini (1962) merintangi sintesa DNA melalui saingan dengan pirimidin. Banyak digunakan sebagai antagonis-pirimidin untuk tumor yang sudah menyebar dari buah dada, usus besar dan poros usus (rectum), juga dari lambung, hati dan pancreas.

Efektifitasnya (20-30%) diperbesar dengan terapi kombinasi, misalnya dengan siklofosfamida dan adriamisin/MTX (kur CAF/CMF) atau dengan adriamisin dan mitomisin (kur FAM). Secara dermal digunakan sebagai krem 5% pada kanker kulit dan pertandukan abnormal (keratosis, Efudix).

Efek sampingnya lebih kurang sama dengan MTX dan merkaptopurin.

Cytarabin (Cytosar-U, Alexan) adalah derivate obat virus idoksuridin yang berkhasiat virustatis pula disamping efek sitostatiknya (1969). Obat ini terutama digunakan pada leukemia akut tertentu, kerjanya hanya singkat, lebih kurang 20 menit.

Dosis: infuse intravena 100-200 mg setiap 5 hari, biasanya terkombinasi dengan suatu antagonis-pirimidin lain, misalnya thioguanin (lanvis).

BACA:  Gangguan Kulit dan Jenis Obat-Obat Kulit

TOPIK MENARIK LAINNYA

Bokep lendir bawah umur, Supratul adalah, triplasiklin, apakah cairan infus bisa dibeli diapotik tanpa resep dokter, Kegunaan curut putih, obat cito warna orange, bubuk pembuat gatal di apotik, kapsul dumex, cara mengeluarkan plastik dalam perut kambing, ikan jeruk mengandung cacing pita, ginseng direndam sprite, benda yang berhubungan dengan api, pipet kaca di alfamart, harga synapsyl, manfaat lendir bekicot untuk asam lambung