Derivate Pirimidin Fluorurasil

https://kesehatankeluarga.netFluorurasil: 5-FU, Efudix.

Derivate pirimidin ini (1962) merintangi sintesa DNA melalui saingan dengan pirimidin. Banyak digunakan sebagai antagonis-pirimidin untuk tumor yang sudah menyebar dari buah dada, usus besar dan poros usus (rectum), juga dari lambung, hati dan pancreas.

 

Efektifitasnya (20-30%) diperbesar dengan terapi kombinasi, misalnya dengan siklofosfamida dan adriamisin/MTX (kur CAF/CMF) atau dengan adriamisin dan mitomisin (kur FAM). Secara dermal digunakan sebagai krem 5% pada kanker kulit dan pertandukan abnormal (keratosis, Efudix).

Efek sampingnya lebih kurang sama dengan MTX dan merkaptopurin.

Cytarabin (Cytosar-U, Alexan) adalah derivate obat virus idoksuridin yang berkhasiat virustatis pula disamping efek sitostatiknya (1969). Obat ini terutama digunakan pada leukemia akut tertentu, kerjanya hanya singkat, lebih kurang 20 menit.

Dosis: infuse intravena 100-200 mg setiap 5 hari, biasanya terkombinasi dengan suatu antagonis-pirimidin lain, misalnya thioguanin (lanvis).

BACA:  Obat Sulfametizol dan Sulfadoksin

TOPIK MENARIK LAINNYA

Salep Myrhax apakah obat keras, Yakult untuk campak, kopi campur micin, Obat tidur yang bisa dicampur kopi, uji kualitatif dimenhidrinat, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik, perbedaan salep 88 asli dan palsu, cara membengkokkan kaca pipet, insto campur kopi