Derivate Pirimidin Fluorurasil

 

https://kesehatankeluarga.netFluorurasil: 5-FU, Efudix.

Derivate pirimidin ini (1962) merintangi sintesa DNA melalui saingan dengan pirimidin. Banyak digunakan sebagai antagonis-pirimidin untuk tumor yang sudah menyebar dari buah dada, usus besar dan poros usus (rectum), juga dari lambung, hati dan pancreas.

Efektifitasnya (20-30%) diperbesar dengan terapi kombinasi, misalnya dengan siklofosfamida dan adriamisin/MTX (kur CAF/CMF) atau dengan adriamisin dan mitomisin (kur FAM). Secara dermal digunakan sebagai krem 5% pada kanker kulit dan pertandukan abnormal (keratosis, Efudix).

Efek sampingnya lebih kurang sama dengan MTX dan merkaptopurin.

Cytarabin (Cytosar-U, Alexan) adalah derivate obat virus idoksuridin yang berkhasiat virustatis pula disamping efek sitostatiknya (1969). Obat ini terutama digunakan pada leukemia akut tertentu, kerjanya hanya singkat, lebih kurang 20 menit.

Dosis: infuse intravena 100-200 mg setiap 5 hari, biasanya terkombinasi dengan suatu antagonis-pirimidin lain, misalnya thioguanin (lanvis).

BACA:  Cara Mengobati Sendiri dan Obat Dokter Untuk Tukak Lambung

TOPIK MENARIK LAINNYA

iflacort `1mg crem, kenapa dahak rasanya asin, Manfaat kapsul hijau putih untuk luka, Mentega untuk tanduk domba, efek minum bear bintang kadaluarsa, Feses bayi seperti ada benang hitam, Pohon pateng, tanaman pateng madura, cara minum asam folat, Bengkak tertusuk tusuk sate, cara bikin obat bius dri minyak kayu putih, ginseng direndam sprite, Apakah CTM bisa untuk anjing, pepek bawah umur, Infus kompres bisul