Penyebab Gejala Alergi

kesehatankeluarga.netHistamine

Histamine merupakan hasil pertukaran zat alami yang terdapat di mana-mana di seluruh tubuh, dengan bentuk bebas dalam otak dan darah. Dalam keadaan terikat terutama ditemukan dalam sel-sel tertentu(mast cells) di antara lain disaluran pernafasan, selaput lendir hidung dan mata serta kulit. Dalam keadaan normal kadar histamine dalam darah hanya rendah sehingga tidak menimbulkan efek. Baru bila histamine dilepaskan berlebihan oleh mast cells akibat reaksi alergi terjadilah sejumlah gejala alergi seperti penyempitan cabang tenggorok (asma), penurunan tekanan darah, dan gatal-gatal (bentol-bentol, kaligata). Begitu pula keluhan hidung, seperti pembengkakan selaput lendirnya, tersumbat, bersin, pilek dan mata merah, berair serta gatal.

 

Antihistaminika memblokir unsur-unsur penerima (reseptor) histamine di permukaan sel, hingga semua efek tersebut diatas dihalangi atau dikurangi.

BACA:  Alergi Makanan dan Gejala-gejalanya

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana