Cara Swamedikasi Acne

https://kesehatankeluarga.netPengobatan sendiri

Swamedikasi acne sebetulnya hanya untuk kasus-kasus yang ringan dan tidak terlalu parah dengan obat benzoilperoksida dan salisilat. Obat yang efektif bagi seseorang kadang memperburuk pada yang lain.

 

Obat yang paling efektif dan digunakan secara standar adalah benzoilperoksida, suatu keratolitik yang berfungsi mengelupaskan lapisan tanduk (keratin) sehingga pori-pori dari folikel KT yang tersumbat dapat terbuka kembali dan talg yang tertimbun mudah mencari jalan keluar. Berkhasiat pula terhadap peradangan dan memberantas kuman Propionibacterium acnes. Dapat dibeli tanpa resep dalam bentuk gel dengan kadar 5% dan digunakan 1-2 kali sehari. Bila Setelah 2-3 minggu belum ada perbaikan, dapat ditingkatkan dengan kadar 10%. Efek pengobatan baru tampak sesudah 3-4 bulan, dan perlu dilanjutkan lagi setelah 1-2 bulan.

Keratolitik efektif lain yang dapat digunakan bila benzoilperoksida tidak tersedia, adalah asam salisilat sebagai lotion atau krem. Terutama manjur pada komedo tanpa paradangan (kemerah-merahan atau bernanah) dan untuk pengobatan panu (larutan salisilat 10-20% dalam alkohol), yang dapat dibeli bebas di apotik. Diolesi pada tempat terinfeksi 2 kali sehari, dalam waktu 2-3 minggu panu akan hilang.

BACA:  Dettol Antiseptik Sembuhkan Herpes Di Kulit

TOPIK MENARIK LAINNYA

bolehkah kucing menyusui diberi ragi, batuk apa boleh minum yakult, bokop gadis bawa umur terbaru, Bagaimana cara mengeluarkan getah Karet dari bak nya, kode pcare tertusuk paku di kaki, Obat penumbuh tanduk domba alami, Cara mengatasi tembakau jamuran, selang infus bergelembung, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik