Tips Perawatan Sendiri Untuk Nyeri Otot

https://kesehatankeluarga.netMasase

Nyeri otot dan pegal akibat gerak badan berlebihan dapat diringankan dengan masase, otot bersangkutan diurut kearah jantung dengan menggunakan suatu obat gosok.

Dengan demikian otot yang kaku dapat dilemaskan dan asam susu yang tertimbun dalam sel-sel otot didorong keluar kearah pembuluh-pembuluh darah untuk dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal.

Kalor

Untuk meringankan nyeri dan mengendurkan otot-otot yang kejang dan kaku biasanya dilakukan pemanasan dengan lampu merah (infrared) atau dengan kantong air panas sangat efektif.

Hasil yang sama dapat dicapai dengan mandi atau berendam dalam air panas. Sebaliknya, nyeri akibat luka atau peradangan tidak boleh ditangani dengan kalor, melainkan dengan pendinginan untuk mencegah pembengkakan (es batu dalam kantong plastic).

Obat-obat penghilang nyeri yang dapat diminum pada nyeri otot adalah parasetamol atau asetosal, bila diperhatikan efek-efek sampingnya. Kombinasi dengan kofein memperkuat efeknya dengan ±40%.

Pada nyeri yang berkaitan dengan peradangan otot (atau sendi) suatu obat rema dengan daya anti nyeri dan anti radang adalah lebih ampuh, misalnya mefenamat (ponstan) atau ibuprofen, dan lebih kuat lagi naproksen.

Kedua zat terakhir memerlukan resep, meskipun dibanyak Negara maju dengan perundangan obat yang ketat sudah lama dinyatakan sebagai obat bebas.

Orang lanjut usia sering kali menderita nyeri otot. Gangguan ini ada hubungannya dengan proses menua dari semua organ, termasuk otot. Semua jaringan menjadi lebih mudah rusak, sedangkan aliran masuk dari bahan bakar (makanan) dan pembuangan zat hasil penguraian (zat sampah) tidak berlangsung optimal lagi.

Terkenal adalah sejenis kejang  dan nyeri yang sering kali timbul pada betis para lansia waktu sebelum tidur atau ditengah malam. Atau kaki penderita melakukan gerakan-gerakan spontan yang tidak dapat dikendalikan sehingga tidur bisa sangat terganggu.

BACA:  Cara Mencegah Serta Merawat Rangka Tulang Sendiri

Secara tepat gangguan ini disebut “restless legs” yaitu kaki yang secara tak sadar bergerak terus-menerus. Untuk mengatasi gangguan ini dokter biasanya memberikan obat resep hidrokinin (inhibin).

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melunakan karet anting, bolehkah penderita sakit lambung minum antimo, efek insto dicampur kopi, Apakah obat luka betadin ada kadaluarsa nya, sprite campur micin, ikan jeruk mengandung cacing pita, Obat bius untuk anjing yang di jual di apotik, skrip iklan obat batuk, cairan infus untuk gatal, Obat yang menggunakan pipet kaca di alfamart, manfaat air infus untuk gatal, minum obat cacing saat haid, buah pateng, manfaat penyuluhan kesehatan, nama lain pil atom