Tips Waktu Yang Baik Untuk Minum Obat

kesehatankeluarga.netWAKTU MINUM OBAT

 

Sebelum atau sesudah makan? Pada umumnya, untuk mencapai efek yang cepat, obat harus dimakan dengan perut kosong karena makanan dalam lambung menghambat pelarutan dan penyerapannya oleh selaput lendir usus halus. Zat-zat tertentu dari makanan dapat mengikat obat hingga tidak dapat diserap. Contoh terkenal adalah antibiotic, antara lain fenoksimetilpenisilin yang harus diminum kurang lebih 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan.

 

Tidak semua obat dapat dimakan pada perut kosong, misalnya obat yang merangsang lambung menimbulkan mual dan muntah atau obat yang larut dalam lemak agar dapat diserap dengan baik. Semua obat itu hendaknya dimakan pada saat atau sesudah makan. Sebagai contoh adalah sediaan besi (ferosulfat, ferofumarat) yang paling baik absorpsinya dari usus bila diminum pada saat perut kosong, tetapi sering kali obat ini merangsang selaput lendir lambung dan menimbulkan keluhan sehingga dalam hal demikian obat tetap harus diminum sesudah makan untuk meringankan iritasi lambung.

BACA:  Peraturan Obat di Indonesia

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm