Tips Waktu Yang Baik Untuk Minum Obat

kesehatankeluarga.netWAKTU MINUM OBAT

Sebelum atau sesudah makan? Pada umumnya, untuk mencapai efek yang cepat, obat harus dimakan dengan perut kosong karena makanan dalam lambung menghambat pelarutan dan penyerapannya oleh selaput lendir usus halus. Zat-zat tertentu dari makanan dapat mengikat obat hingga tidak dapat diserap. Contoh terkenal adalah antibiotic, antara lain fenoksimetilpenisilin yang harus diminum kurang lebih 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan.

 

Tidak semua obat dapat dimakan pada perut kosong, misalnya obat yang merangsang lambung menimbulkan mual dan muntah atau obat yang larut dalam lemak agar dapat diserap dengan baik. Semua obat itu hendaknya dimakan pada saat atau sesudah makan. Sebagai contoh adalah sediaan besi (ferosulfat, ferofumarat) yang paling baik absorpsinya dari usus bila diminum pada saat perut kosong, tetapi sering kali obat ini merangsang selaput lendir lambung dan menimbulkan keluhan sehingga dalam hal demikian obat tetap harus diminum sesudah makan untuk meringankan iritasi lambung.

BACA:  Tips Perawatan Sendiri Untuk Nyeri Otot

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Bahayakah jika anak kucing menelan karet dot, Bokep antara keluarga, Apakah ajinomoto termasuk obat bisul, tanduk kambing menusuk kepala, Tanggal kadaluarsa sirup marjan, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, insto campur kopi, kalpanax cair ditarik, cara beli pipet kaca di apotik, apa bedanya dramamine sama antimo, harga pipet tetes di apotik, pil erba, efek minum antimo 5 butir, kalpanax cair hilang dari peredaran, cara mengawetkan tanduk