Bagaimana Efek Samping Sebuah Obat Bisa Menjadi Efek Utama

kesehatankeluarga.netEfek samping

Efek samping dari suatu obat dapat didefinisikan sebagai semua khasiat yang tidak di inginkan dalam pengobatan suatu keluhan atau gangguan tertentu. Lazimnya obat memiliki khasiat utama dengan beberapa efek samping yang tidak di inginkan, misalnya asetosal berkhasiat anti nyeri dan anti demam, selain itu juga mengetsa selaput lendir lambung, hingga seringkali mengakibatkan nyeri lambung atau bahkan perdarahan.

 

Efek samping menjadi efek utama

Selain efek samping yang merugikan, asetosal bekerja “mengencerkan” darah karena merintangi pengumpalan trombosit. Bila diminum sebagai obat anti nyeri sesudah pencabutan gigi, maka sifat mengencerkan darah tidaklah di inginkan. Akan tetapi bila asetosal diberikan pada penderita infark jantung untuk “mengencerkan” darahnya dan menghindarkan serangan kedua, maka efek samping itu digunakan sebagai efek utama yang bermanfaat.

Dari contoh ini menjadi jelas bahwa suatu efek samping dari obat pada keadaan tertentu dapat menjadi efek utama pada keadaan lain untuk tujuan berbeda.

BACA:  Cara Menggunakan Obat Bentuk Kapsul

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Bahayakah jika anak kucing menelan karet dot, Bokep antara keluarga, Apakah ajinomoto termasuk obat bisul, tanduk kambing menusuk kepala, Tanggal kadaluarsa sirup marjan, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, insto campur kopi, kalpanax cair ditarik, cara beli pipet kaca di apotik, apa bedanya dramamine sama antimo, harga pipet tetes di apotik, pil erba, efek minum antimo 5 butir, kalpanax cair hilang dari peredaran, cara mengawetkan tanduk