Tindakan dan Pengobatan Jika Sakit Ulu Hati atau Reflux

https://kesehatankeluarga.netTindakan umum

Tindakan pertama adalah menghilangkan semua factor penyebab. Artinya berhenti merokok, menghindari tekanan tinggi dilambung dan jangan mengangkat barang berat atau bekerja pada posisi membungkuk.

 

Makanlah secara teratur (3-4 kali sehari) dengan porsi kecil, agar supaya lambung tidak terlalu penuh dan tekanan terhadap katup lingkar tidak meningkat.

Sebaiknya jangan makan makanan yang dapat melemahkan katup lingkar seperti lemak, cokelat, kopi, permen dan bumbu-bumbu pedas.

Nyeri tengah malam dapat dihindari dengan makan malam terakhir minimal 3 jam sebelum tidur. Penderita refluks juga harus menghindari alcohol dan makanan yang merangsang kerongkongan, misalnya bersifat asam.

Untuk mencegah refluks pada waktu tidur, sebaiknya bagian kepala ranjang dinaikkan 20-25 cm dengan mengganjal bagian bawah sehingga pengaliran kembali dari isi lambung (keatas) dihambat.

Pengobatan sendiri

Bila timbul rasa nyeri dapat diminum suatu penetralisasi asam (antasidum). Lebih ampuh adalah asam alginate (komb. Gelusil II), yang dibuat dari ganggang halus. Zat ini bereaksi dengan bikarbonat dari air liur dan membentuk suatu lapisan busa agak kental di atas Chymus.

Dengan demikian terjadi rintangan mekanis terhadap refluks. Dokter biasanya memberi resep untuk obat yang menghambat produksi asam atau yang mempercepat gerakan lambung.

BACA:  5 Cara Mencegah Terjadinya Jerawat

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana