Penyebab dan Gejala Sakit Ulu Hati

 

https://kesehatankeluarga.netReflux (bahasa latin: mengalir kembali) yang sering disebut “sakit ulu hati” (heartburn) adalah suatu gangguan yang tidak begitu serius. Penyebabnya adalah kelebihan asam lambung yang mengalir keatas, kekerongkongan karena katup lingkar antara kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan baik lagi.

Hal ini dapat diakibatkan oleh antara lain “burut sekat rongga badan” dan tekanan tinggi dalam lambung. Misalnya karena kehamilan dan terlalu gemuk, juga bila lambung terus-menerus dipenuhi makanan.

Gejalanya berupa nyeri seperti “terbakar” pada kerongkongan yang terasa dibelakang tulang dada, terutama ± satu jam setelah makan (terlalu banyak) dan bila membungkuk atau berbaring.

Sering kali terasa nyeri yang menusuk nusuk di bagian lambung, mual dan muntah. Biasanya serangan berlangsung ½ jam sampai lebih dari 1 jam. Bila tidak diobati dengan tepat, akhirnya dinding kerongkongan yang berlainan dengan dinding lambung tidak tahan asam akan dirusak selaput lendirnya. Dengan demikian terjadilah radang dinding kerongkongan yang lebih serius.

BACA:  Tindakan dan Pengobatan Jika Sakit Ulu Hati atau Reflux

TOPIK MENARIK LAINNYA

mimpi mengganti popok bayi laki laki, Mentega untuk tanduk domba, cara buat obat batuk dengan coca cola, Dettol untuk bius ikan, obat Faripit, harga pil synapsyl, harga synapsyl, manfaat lendir bekicot untuk asam lambung, obat cito warna orange untuk apa, contoh tegangan normal dalam kehidupan sehari hari, obat belaken, em kapsul sm sprite, aturan minum obat 200mg setara dengan berapa sendok makan, yakult untuk kucing, Efek racun tikus pada manusia

Leave a Reply