Faktor Positif Dan Negatif Pengaruh Kolesterol Baik

Faktor Pengaruh Kolesterol BaikFaktor-Faktor Pengaruh Kolesterol Baik

Untuk menurunkan resiko PJP diperlukan sebanyak mungkin kolesterol HDL dan sedikit mungkin kolesterol LDL.

 

Faktor-faktor Positif.

Dikenal sejumlah faktor yang memengaruhi secara positif kolesterol HDL, antara lain olahraga  yang intensif, diet yang mengandung cukup minyak tak jenuh dan makanan berserat. Begitu pula minum cukup vitamin C.

Hormon wanita estrogen. Sudah lama diketahui, bahwa wanita sebelum masa premenopause (sekitar 50 tahun) jauh lebih jarang dihinggapi PJP dibandingkan dengan pria dari kolompok usia yang sama. Hal ini disebabkan oleh efek perlindungan dari hormon wanita yang berkhasiat meningkatkan HDL. Setelah premonopause, produksi estrogen menurun sampai rendah sekali dan efek perlindungan tadi hilang.

Faktor-faktor negatif.

Sebaliknya terdapat pula beberapa faktor, yang dapat menurunkan HDL.  Antara lain hormon pria testosteron, merokok, penyakit diabetes (kencing manis), dan obat-obat diabetes. Menurut suatu penyelidikan minum kopi juga dapat meningkatkan kolesterol darah  karena mengandung lemak kopi. Hal ini tidak akan terjadi, bila lemak dari kopi dihilangkan terlebih dahulu melalui saringan filter kertas.

BACA:  Faktor Penyebab dari Kolesterol Tinggi

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, supertera untuk saoi, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi