Alergi Makanan dan Gejala-gejalanya

kesehatankeluarga.netAlergi makanan

Protein-protein tertentu dalam makanan bisa berfungsi sebagai allergen dan lekosit darah membuat zat anti terhadapnya. Makanan yang terkenal dapat menimbulkan reaksi alergi adalah susu, telur, ikan, udang, daging babi, tomat dan sayuran lain, kopi, coklat, kacang tanah, dan gluten, serta protein yang terdapat dalam jenis-jenis gandum. Disamping itu juga zat-zat tambah dari makanan (dalam kaleng) dapat pula mengakibatkan reaksi kepekaan berlebihan, misalnya zat pengawet, (asam benzoate, sorbet, nipagin), zat warna (dalam kue-kue, sirop), zat penyedap (glutamat = MSG, Vetsin, Ajinomoto, dan Miwon).

 

Gejala-gejalanya

 Pada penggabungan antigen dan anti bodi dapat terjadi suatu reaksi alergi dengan beraneka ragam gejala. Misalnya keluhan lambung (mual, muntah, kejang perut, diare) dan saluran nafas (hidung tersumbat, sesak nafas, asma) atau gangguan-gangguan kulit (kaligata, biduran, eksim). Selain itu juga dapat timbul gangguan konsentrasi sewaktu belajar dan gangguan motorik, sikap agresif dan hiperaktivitas, terutama pada anak-anak yang alergis terhadap gula. Semua gejala itu juga dapat ditimbulkan oleh banyak penyakit lain, maka pengenalan dari suatu reaksi alergi kadangkala tidak begitu mudah.

BACA:  Berapa Nilai Normal Kolesterol Darah dan Penyebab Utama dari Kolesterol Tinggi

TOPIK MENARIK LAINNYA

bokop gadis bawa umur terbaru, Bagaimana cara mengeluarkan getah Karet dari bak nya, kode pcare tertusuk paku di kaki, Obat penumbuh tanduk domba alami, Cara mengatasi tembakau jamuran, selang infus bergelembung, Bokeb anak masih kurang umur, dubur bergetar, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik