Respon Manusia Terhadap Stimuli

kesehatankeluarga.netSekalipun manusia dapat dilihat dari segi fisik maupun mental/budaya, kedua aspek tersebut merupakan satu kesatuan. Hal ini perlu disadari karena manusia bereaksi terhadap stimulus dengan segala kemampuan yang ada padanya. Secara alamiah manusia akan mereaksi secara biologis yang dapat diperkuat oleh tindakan-tindakan yang didasari kebudayaannya.

Reaksi manusia terhadap stimuli  disebut respon. Effek respon terhadap tubuh dapat menguntungkan dapat juga merugikan. Hal ini sangat tergantung pada dosis stimuli yang diterima serta keadaan tubuh saat itu. Respon manusia terhadap stimuli dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

 

1.Respon yang terjadi secara otomatis, di bawah sadar (involutary) seperti reflex-reflex, reaksi fisika-kimia dalam tubuh, dan untuk taraf tertentu tak dapat dikendalikan.

2. Respon yang terjadi secara sadar (voluntary), yakni respon yang dilakukan atas kendali otak manusia.

3. Respon kombinasi antara respon sadar dan respon tak sadar.

Respon manusia terhdap stimuli ini terjadi karena manusia ingin mempertahankan keadaan badannya supaya tetap normal. Respon tersebut dilakukan oleh perangkat yang bekerja sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Perangkat tersebut terdiri atas perangkat alamiah (natural) dan perangkat budaya (kultural).

BACA:  Bahaya Penggunaan Obat dan Rehabilitasi Pasien Lepra

TOPIK MENARIK LAINNYA

dimana bisa beli belerang, rohto cool untuk anak bolehkh, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik, perbedaan salep 88 asli dan palsu, cara membengkokkan kaca pipet, pipet kaca di alfamart