Pengobatan Virus Herpes Zoster

https://kesehatankeluarga.netNeuralgia tersebut sukar ditanggulangi dengan analgetika dan dapat dikurangi dengan mengoleskan 2-3 x sehari dengan kapas larutan asetosal 10% dalam alcohol 95% pada tempat yang nyeri.

 

Terapi oral dapat dilakukan dengan suatu virustatikum (asiklovir, valasiklovir). Pada kasus-kasus hebat lebih efektif diberikan secara infuse i.v. (asiklovir, vidarabin).

 

Kortikosteroida dapat digunakan serentak dan dapat mempercepat penyembuhan luka-luka kulit. secara alternative digunakan asam amino lysine 3 dd 500 mg (0,5 jam a.c) berdasarkan khasiat virustatiknya.

Neuralgia postherpetis adalah nyeri syaraf yang hebat yang terjadi ditempat yang terkena pada 10% dari pasien setelah sinannaga sembuh, sering kali pada orang-orang lansia.

Nyerinya seperti rasa terbakar yang terus menerus, bersifat bandel dan bisa bertahan sampai 2 tahun! Nyeri dapat dihindari bila terapi dengan virustatika dimulai sedini mungkin, yakni dalam 72 jam setelam timbulnya rash.

Obat-obat yang digunakan terhadap nyeri postherpetis terdiri dari kelompok antidepresiva trisiklis (amitriptilin, klomipramin, nortriptilin), antidepresiva venlafaksin, anti epileptika (pregabalin, gabapentin, karbamazepin, fenitoin, asam valproat, klonazepam), obat narkotik (plester fentanil, oksikodon, metadon), relaksan otot (baklofen) dan obat topical (krem lidokain 3-5%, dan lain-lain). Efek samping dari obat-obat ini tentu harus diperhatikan.

Pendinginan dari tempat-tempat bersangkutan tentu (es batu didalam kantung plastic) juga meringankan nyeri untuk sementara waktu.

Pada kasus yang parah, adakalanya dilakukan pembedahan, antara lain saraf-saraf ruas tulang belakang dipotong (denervasi).

BACA:  Obat-Obat Dari Tumbuhan

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi