Penyebab dan Jenis Luka Bakar

 

https://kesehatankeluarga.netLuka bakar

Luka bakar dapat diakibatkan oleh cairan panas (air, minyak dan lain-lain), benda-benda panas( peralatan panas, setrika), api atau listrik. Cairan kebanyakan menimbulkan luka dipermukaan yang tidak dalam tetapi pada bagian kulit yang lebih luas. Benda-benda panas dan api menyebabkan luka bakar yang lebih dalam dan hebat, tetapi bisanya tidak begitu luas. Dalam semua keadaan ini jaringan dirusak  akibat pemanasan setempat yang berlebihan. Setaraf dengan derajat lukanya, pada umumnya luka bakar dibagi dalam 3 tingkatan yakni:

  • Stadium ke-1             :kulit berwarna merah, kering dengan rasa agak pedih
  • Satadium ke-2           :juga berwarna merah dan nyeri, tetapi lembab, adakalanya lepuh
  • Stadium ke-3         :luka berwarna kuning-putih, tidak perih karena ujung-ujung saraf dikulit ari sudah hilang terbakar. Bila lebih hebat lagi terjadi bercak-bercak hitam.

Adapula luka bakar yang disebabkan oleh bahan kimia yang korosif. Dalam kasus ini tempat yang cedera juga harus segera dibasuh dengan air dingin yang mengalir selama kurang lebih 10 menit, lalu segera berobat ke dokter.

BACA:  Membentuk Kebiasaan Bayi untuk Menyusui

TOPIK MENARIK LAINNYA

makalah ekologi dan peran jamur, Cara melepas perban saat sunat, kucing menyusui boleh gak dikasih ragi, bolehkah setelah minum obat minum yakult, artikel tentang jenis jenis pekerjaan sesuai dengan tempat tinggal, timbul bentol merah pada lejer dan punggung, bir bintang kadaluarsa, cara kerja dulcolax, jenis-jensi kewirausahaan bidang kesehatan, yakult untuk kucing, Minum sprite campur garam apa bisa menghilangkan batuk, icd 10 tusuk paku, mimpi mengganti popok bayi laki laki, Mentega untuk tanduk domba, harga synapsyl

Leave a Reply