Penyebab dan Jenis Luka Bakar

 

https://kesehatankeluarga.netLuka bakar

Luka bakar dapat diakibatkan oleh cairan panas (air, minyak dan lain-lain), benda-benda panas( peralatan panas, setrika), api atau listrik. Cairan kebanyakan menimbulkan luka dipermukaan yang tidak dalam tetapi pada bagian kulit yang lebih luas. Benda-benda panas dan api menyebabkan luka bakar yang lebih dalam dan hebat, tetapi bisanya tidak begitu luas. Dalam semua keadaan ini jaringan dirusak  akibat pemanasan setempat yang berlebihan. Setaraf dengan derajat lukanya, pada umumnya luka bakar dibagi dalam 3 tingkatan yakni:

  • Stadium ke-1             :kulit berwarna merah, kering dengan rasa agak pedih
  • Satadium ke-2           :juga berwarna merah dan nyeri, tetapi lembab, adakalanya lepuh
  • Stadium ke-3         :luka berwarna kuning-putih, tidak perih karena ujung-ujung saraf dikulit ari sudah hilang terbakar. Bila lebih hebat lagi terjadi bercak-bercak hitam.

Adapula luka bakar yang disebabkan oleh bahan kimia yang korosif. Dalam kasus ini tempat yang cedera juga harus segera dibasuh dengan air dingin yang mengalir selama kurang lebih 10 menit, lalu segera berobat ke dokter.

BACA:  Cara Menangani dan Mengobati Gejala Demam Berdarah

TOPIK MENARIK LAINNYA

kode alam togel tangan tertusuk duri, apakah di apotik ada belerang, Chloramphenicol bisa ditabur?, MAKALAH MUNTABER, penyakit brahma, Poto telajang, seprit dapat meredahkan batuk, minum panadol dan kopi, daftar nama obat yang menggunakan pipet kaca, biopradin, percakapan swamedikasi diare, Obat tulisan pim warna hijau, Obat bertuliskan pim warna hijau, pk obat gatel, pengertian kebersihan mulut dan gigi menurut para ahli

Leave a Reply