Kebutuhan dan Sumber Kalsium Serta Vitamin D Untuk Tubuh

Kebutuhan kalsium dan vitamin D

Salah satu penyebab dari osteoporosis adalah kekurangan mineral kalsium. Kurang lebih 99% dari jumlah kalsium seluruh tubuh berada dalam jaringan tulang.

Bila orang tidak mendapatkan cukup kalsium dalam dietnya, osteoklas akan mengambil mineral ini dari jaringan tulang untuk digunakan pada fungsi lain dari tubuh karena kalsium sangat dibutuhkan untuk produksi berbagai enzim, kontraksi otot dan saraf.

Tercatat bahwa asupan kalsium pada orang Indonesia dewasa rata-rata hanya sekitar 300 mg sehari, sedangkan menurut standar Internasional seharusnya 1.000-1.200 mg per hari.

Kebutuhan kalsium per hari bagi orang berusia sekitar 30 tahun adalah 1.200 mg, dari usia 30 sampai 50 tahun 1.500-2.000 mg. sebagian besar kebutuhan ini diasup dari makanan, hanya sebagian kecil perlu ditambahkan sebagai supplemen yang jumlahnya tergantung dari diet masing-masing.

Sebaiknya supplemen kalsium dikonsumsi sewaktu makan karena pada saat ini asam lambung meningkat yang merupakan suasana optimal bagi absorpsi mineral ini.

Disamping kalsim sebetulnya fosfor juga merupakan unsure penting dari jaringan tulang, tetapi unsure ini terdapat dalam jumlah cukup besar dalam makanan sehingga jarang sekali timbul defisiensi.

Sumber kalsium

Makanan yang banyak mengandung banyak kalsium adalah tempe, tahu, bayam, rebon kering, udang, teri kering, kedelai, brokoli, kembang kol, daun papaya dan susu beserta produk-produknya, seperti yoghurt.

Segalas susu rendah lemak mengandung ± 300 mg kalsium. Bila makanan kurang kadar kalsiumnya dapat ditambah dengan suplemen seperti kalsiumsitrat atau glukonat.

Sebetulnya kalsiumkarbonat juga dapat digunakan, tetapi efek sampingnya yang tidak diinginkan adalah perasaan penuh dilambung karena CO2 yang dibentuk dalam suasana lambung yang asam.

Sumber Vitamin D

BACA:  Penyebab dari Kelelahan dan Anemia

Untuk penyerapan kalsium dari saluran cerna dibutuhkan vitamin D, khususnya kalsitriol, yang merupakan metabolit aktif dari kolekalsiferol (Vitamin D3). Vitamin D disintesis dalam kulit dibawah pengaruh sinar (ultra-violet) matahari. Makanan yang mengandung Vitamin D adalah ikan berlemak (salmon, sardine), tahu, hati, susu dan produk-produknya (yoghurt).

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melunakan karet anting, bolehkah penderita sakit lambung minum antimo, efek insto dicampur kopi, Apakah obat luka betadin ada kadaluarsa nya, sprite campur micin, ikan jeruk mengandung cacing pita, Obat bius untuk anjing yang di jual di apotik, skrip iklan obat batuk, cairan infus untuk gatal, Obat yang menggunakan pipet kaca di alfamart, manfaat air infus untuk gatal, minum obat cacing saat haid, buah pateng, manfaat penyuluhan kesehatan, nama lain pil atom