Bagaimana Bentuk dan Cara Jamur Berkembang Biak

https://kesehatankeluarga.netBentuk jamur

Jamur atau fungi (bahasa latin : fungus) termaksud dunia tumbuh-tumbuhan, walaupun tidak memiliki klorofil. Zat warna hijau ini terdapat dalam daun dan dibawah pengaruh sinar U.V matahari membentuk karbohidrat dalam tanaman.

 

Oleh karena itu, jamur hanya dapat hidup pada bahan organik mati (sebagai saprofit) atau hidup bersama dengan manusia maupun tumbuhan lain, sebagai parasit.

Setiap orang mengenal bentuk luar yang khas dari sampinyon, yaitu mirip payung, terdiri dari batang dan atap diatasnya. Akan tetapi kebanyakan jamur tidak memiliki bentuk luar demikian. Pada umumnya hanya terdiri dari jaringan halus sekali yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Jaringan ini disebut mycelium dan mencakup benang-benang yang terbentuk dari untaian sel (hifa), yang cabang-cabangnya dapat merajalela.

Untuk proses memperbanyak diri, jamur membentuk spora (bahasa yunani = benih), yaitu bola-bola kecil dengan ukuran 0,002-0,2 mm, yang terdiri dari hanya satu atau beberapa sel. Spora dapat bertahan selama bertahun-tahun dalam suasana kering, dingin maupun panas (sampai ±80C). Baru bila lingkungannya membaik, terutama suhu dan kelembapan, spora dapat tumbuh lagi dengan membentuk benang-benang.

BACA:  Bagaimana Proses Pencernaan Pada Manusia

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek samping bawang merah untuk karet, pinggang terbentur, Ciri ciri bintitan sudah mau sembuh, tertusuk duri lcd 10, Kenapa obat tetes mata herbal Honey Drops tidak boleh di pakai mata sudah di oprasi, kegunaan salep klorampekol, merk gliserin di apotik, pipet kaca di alfamart, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara melarutkan kapur barus, cara membuat bubuk gatal sederhana, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, cara beli pipet kaca di apotik, efek samping cream bl