Cara Timbulnya Alergi Pada Tubuh Manusia

Cara Timbulnya Alergi Pada Tubuh ManusiaAlergi

Alergi merupakan suatu reaksi menyimpang dari tubuh seseorang, khususnya terhadap rangsangan yang disebabkan oleh suatu pemicu yang disebut allergen. Sering kali alergi ada hubungannya dengan system imun tubuh yang bekerja secara berlebihan dan berkaitan dengan factor keturunan. Pada umumnya, reaksi-reaksi imun melindungi tubuh terhadap allergen yang memasuki peredaran darah. Sebagian gejalanya ditujukan untuk mengeluarkan allergen tersebut, seperti dengan bersin dan batuk. Gejala lainnya merupakan perasaan sesak di dada karena kesulitan bernafas, mata merah/gatal dan gatal pada kulit.

 

Timbulnya alergi

Bilamana suatu protein asing (allergen) masuk berulangkali kedalam aliran darah seseorang yang hipersensitif, maka system imun tubuh akan membentuk antibody untuk menghadapinya. Bagi orang yang tidak hipersensitif, allergen tidak menjadi masalah. Apabila kemudian allergen yang sama masuk lagi kedalam tubuh, maka terjadilah penggabungan antara allergen (kini disebut antigen) dengan antibody yang menimbulkan suatu reaksi yang dinamakan reaksi alergi.

BACA:  Penyakit Menular Rubeola atau Campak

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, supertera untuk saoi, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi