Gejala dan Obat Untuk Nyeri Perut

https://kesehatankeluarga.netNyeri perut dapat ditimbulkan oleh banyak factor karena dalam rongga perut terdapat sejumlah besar organ , seperti lambung, hati, kantong empedu, ginjal, usus halus dan usus besar, organ kelamin, dan sebagainya.

Sering kali penyebabnya tidak serius, tetapi kadang kala bersifat parah. Misalnya pada nyeri hebat yang bermula disekitar pusar, berkisar dibagian bawah kanan perut dan bertambah hebat bila berjalan atau batuk.

 

Gejala-gejala ini yang disertai demam ringan (sampai 38 C), mual, muntah dan adakalanya diare menunjukkan adanya radang usus buntu (appendicitis).

Abses ini bila pecah dapat mengakibatkan radang selaput perut yang sangat berbahaya, maka tidak boleh diobati sendiri, tetapi pasien harus segera dibawa kedokter. Hal ini juga berlaku untuk nyeri kolik hebat.

Mulas perut sering kali juga timbul pada diare dan sembelit, juga pada wanita menjelang datangnya haid. Pada umumnya nyeri demikian diakibatkan oleh kejang usus dan akan hilang dengan sendirinya bila diare atau sembelit sembuh.

Untuk sementara menghilangkan kejang dan rasa mulas, bagian perut dapat dikompres dengan kantong air panas atau digosok dengan minyak kayu putih.

Anak kecil yang mengeluh perutnya sakit, penyebabnya dapat bermacam-macam. Mungkin adanya kecemasan tentang sesuatu atau takut untuk pergi kesekolah, tetapi juga karena suatu sebab fisik, misalnya sembelit.

Dapat pula karena peradangan telinga tengah karena salah satu saraf otak bercabang baik keperut maupun ketelinga tengah.

BACA:  Memeriksakan Bayi Pada Dokter

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana