Cara Mencegah Demam Berdarah

https://kesehatankeluarga.netPencegahan

 

Berlainan dengan malaria, sampai sekarang belum ditemukan obat pencegahnya atau vaksin terhadap virus dengue. Hanya gejalanya saja yang dapat ditangani.

 

Cara pencegahan adalah hindari gigitan nyamuk, terutama dimusim hujan (desember-april) dengan tindakan-tindakan berikut:

  • Mengenakan pakaian dengan lengan baju panjang
  • Menggunakan obat penangkal serangga pada kulit, sebaiknya DEET (dietiltolumida) untuk dioleskan pada bagian tubuh yang tidak tertutup.
  • Memberantas nyamuk dari tempat-tempat pembiakannya (air yang tidak mengalir, tong air hujan). Untuk ini dapat digunakan suatu insektisid yang dapat memusnahkan jentik (larva) nyamuk, misalnya senyawa organotiofosfat temephos (abate), sebagai larutan 10g per 100 liter air.
  • Menggunakan kelambu ditempat tidur pada malam hari mungkin tidak begitu efektif karena nyamuk terutama aktif pada siang hari.
BACA:  Apa Penyebab Demam Berdarah

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm