Cara Mencegah Demam Berdarah

https://kesehatankeluarga.netPencegahan

Berlainan dengan malaria, sampai sekarang belum ditemukan obat pencegahnya atau vaksin terhadap virus dengue. Hanya gejalanya saja yang dapat ditangani.

Cara pencegahan adalah hindari gigitan nyamuk, terutama dimusim hujan (desember-april) dengan tindakan-tindakan berikut:

  • Mengenakan pakaian dengan lengan baju panjang
  • Menggunakan obat penangkal serangga pada kulit, sebaiknya DEET (dietiltolumida) untuk dioleskan pada bagian tubuh yang tidak tertutup.
  • Memberantas nyamuk dari tempat-tempat pembiakannya (air yang tidak mengalir, tong air hujan). Untuk ini dapat digunakan suatu insektisid yang dapat memusnahkan jentik (larva) nyamuk, misalnya senyawa organotiofosfat temephos (abate), sebagai larutan 10g per 100 liter air.
  • Menggunakan kelambu ditempat tidur pada malam hari mungkin tidak begitu efektif karena nyamuk terutama aktif pada siang hari.
BACA:  Gejala dan Diagnosis Demam Berdarah

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina