SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatankeluarga.netIlmu kesehatan berkembang atas dasar adanya penyakit. Kebutuhan akan penyembuhan penyakit, menyebabkan timbulnya orang-orang yang mencoba mengatasi penyakit dengan mencari cara pengobatan beserta obat-obatannya. Dengan sendirinya, cara pengobatan yang dianut akan didasarkan pada konsep yang dipunyai masyarakat setempat tentang penyakit. Misalnya, jaman dahulu orang beranggapan bahwa penyakit itu disebabkan oleh kekuatan gaib atau kekuatan supranatural, maka pengobatannya pun dilakukan sesuai dengan konsep tersebut. Para dukunlah yang dianggap mempunyai kemampuan untuk mengatasinya, dan tidak hanya itu, mereka pun dianggap dapat menimbulkan penyakit pada musuh-musuhnya.

 

Ada pula masyarakat yang beranggapan bahwa penyakit itu terjadi karena perbuatan dosa. Maka, seiring dengan konsep penyebab penyakit ini, pengobatan dilakukan oleh para tokoh kepercayaan, agama, dan sebagainya. Dapat dimengerti, bahwa pengobatan seperti ini tidaklah efektif.

 

Pertama, karena konsep tentang penyakit tersebut tidak seluruhnya benar
Kedua, apabila konsepnya benar, obatnya masih sangat primitif, begitu pula cara pengobatannya
.

Agar usaha pengobatan dapat menjadi efektif, perlu diketahui penyebab penyakit dan dicoba menghilangkan penyebab tadi.

BACA:  Gejala dan Diagnosis Demam Berdarah

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi