SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatankeluarga.netIlmu kesehatan berkembang atas dasar adanya penyakit. Kebutuhan akan penyembuhan penyakit, menyebabkan timbulnya orang-orang yang mencoba mengatasi penyakit dengan mencari cara pengobatan beserta obat-obatannya. Dengan sendirinya, cara pengobatan yang dianut akan didasarkan pada konsep yang dipunyai masyarakat setempat tentang penyakit. Misalnya, jaman dahulu orang beranggapan bahwa penyakit itu disebabkan oleh kekuatan gaib atau kekuatan supranatural, maka pengobatannya pun dilakukan sesuai dengan konsep tersebut. Para dukunlah yang dianggap mempunyai kemampuan untuk mengatasinya, dan tidak hanya itu, mereka pun dianggap dapat menimbulkan penyakit pada musuh-musuhnya.

Ada pula masyarakat yang beranggapan bahwa penyakit itu terjadi karena perbuatan dosa. Maka, seiring dengan konsep penyebab penyakit ini, pengobatan dilakukan oleh para tokoh kepercayaan, agama, dan sebagainya. Dapat dimengerti, bahwa pengobatan seperti ini tidaklah efektif.

Pertama, karena konsep tentang penyakit tersebut tidak seluruhnya benar
Kedua, apabila konsepnya benar, obatnya masih sangat primitif, begitu pula cara pengobatannya
.

Agar usaha pengobatan dapat menjadi efektif, perlu diketahui penyebab penyakit dan dicoba menghilangkan penyebab tadi.

BACA:  BAGAIMANA PERKEMBANGAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

TOPIK MENARIK LAINNYA

bahaya infus bergelembung, Kasiat serbuk erba, biopradyn, Mentega untuk tanduk domba, bagaimana jika bentadin kalduasa diapakai, cara membuat gelang dari tanduk domba, cara mengatasi tembakau yang berjamur, Obat tertusuk tusuk sate, 120 gram gula setara dengan berapa sendok makan, apakah kucing menyusui boleh makan ragi, cairan infus tahan berapa lama setelah di buka, Antimo campur kopi hitam, apakah yakult bisa untuk kucing, cito veuron, Lagi batuk boleh minum You C 1000 pa ngga\