Cara Memompa dan Menyimpan ASI yang Baik

https://kesehatankeluarga.net

 

Memompa susu bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menggabungkan keuntungan dalam memberikan ASI dengan kebebasan menyusui dengan botol.

 

Jika anda dan bayi terpisah (misalnya karena ia berada dirumah sakit), memompa memungkinkan anda untuk terus menyusui bayi anda.

Anda bisa memompa dengan tangan (bidan anda akan menunjukkan cara untuk melakukan ini), tetapi hasil metode ini amat jarang memuaskan. Anda dapat membeli atau meminjam pompa kecil yang dioperasikan dengan tangan atau baterai.

Pompa dengan baterai biasanya lebih bermanfaat. Anda bisa juga membeli semacam pompa payudara listrik yang digunakan dirumah sakit. Metode ini cepat dan sangat efektif.

Produksi susu bekerja atas dasar permintaan dan penawaran sehingga jika anda tidak memompa susu tepat sebelum waktu menyusui, memompa susu tidak akan menguras produksi susu anda. Yang terbaik, pompalah susu pada pagi hari, ketika payudara anda umumnya lebih penuh dari pada sore atau malam hari.

Menyimpan Susu Pompaan

Bekukan kelebihan susu dalam kantong freezer steril (ini tersedia diapotik atau bagian perawatan bayi) karena dapat bertahan sampai 6 jam.

Anda tidak perlu memompa sebanyak yang biasa diminum bayi anda, cukup sejumlah yang membuat anda merasa nyaman, ASI bertahan sampai 24 jam jika disimpan dilemari es.

Jika menyusui belum sepenuhnya stabil, membekukan air susu anda untuk diberikan nanti lebih baik dari pada memperkenalkan bayi pada botol ditahap ini.

BACA:  Cara Menyusui Bayi Kembar Agar Mendapat Cukup ASI

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi