Apa Penyebab Ketombe

 

https://kesehatankeluarga.netBanyak orang dihinggapi ketombe dengan gejala penyerpihan berlebihan dari kulit kepala yang berbentuk serpihan-serpihan putih kering atau berlemak diatas baju, terutama dibagian bahu. Sering kali tetapi tidak selalu disertai rasa gatal-gatal yang mengganggu. Biasanya ketombe dimulai pada masa pubertas bertambah hebat sampai usia ±30 tahun, kemudian berkurang lagi dengan meningkatnya usia dan bahkan dapat hilang sama sekali.

Penyebabnya

Telah lama sekali diperkirakan, bahwa kuman memegang peranan terjadinya ketombe khususnya suatu ragi tertentu (pityrosporum ovale). Walaupun jumlah ragi ini memang bertambah banyak bila ada ketombe, tetapi penelitian tidak dapat memastikan ragi tersebut sebagai penyebabnya. Salah satu tujuan dari pengobatan ketombe diarahkan pada pemusnahan mikroorganisme tersebut.

Kini diketahui, bahwa ketombe disebabkan oleh terganggunya pertukaran zat dan pembentukan sel dari kulit kepala, seperti halnya juga pada beberapa gangguan kulitlainnya (eksim seborrheis) dan psoriasis = penyakit sisik). Penyerpihan kronis diakibatkan oleh pembentukan sel-sel keratin dan kulit ari yang ± 3 kali dipercepat, tetapai tidak berlangsung sempurna. Juga terdapat pembelahan sel dari keratosit yang meningkat. Serpihan kulit terdiri dari gumpalan ratusan ribu sel yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, dibandingkan dengan hanya ratusan sel dalam keadaan normal.

BACA:  Jenis-Jenis Rasa Nyeri pada Tubuh Manusia

TOPIK MENARIK LAINNYA

nama ilmiah jamur tape, kalpanak cair, ginseng direndam sprite, Minyak ayam untuk tanduk domba, cara menyimpan tembakau agar tidak berjamur, minyak ikan untuk tanduk domba, swedikasi, cara membengkok kan kaca pipet, Antimo di campur fanta, Khasiat belerang merah dari makkah, perbedaan antimo dan dramamine, merk obat batuk mengandung kodein, Selubung lendir yang melapisi bagian luar dinding sel bakteri berfungsi untuk, Anak kucing menelan karet, efek samping dari daun kapuk

Leave a Reply