Bagaimana Proses Pencernaan Pada Manusia

https://kesehatankeluarga.netPencernaan dimulai dengan mengunyah makanan sehingga teraduk baik dengan ludah dan enzim amylase dapat melakukan kerjanya dengan baik. Makanan sekarang yang berbentuk bubur ini didorong kearah lambung oleh gerakan-gerakan otot kerongkongan dan melewati suatu katup penutup di permulaan lambung, yang bekerja seperti ventil. Artinya makanan bisa masuk kedalam lambung, tetapi tidak dapat mengalir kembali kekorongkongan.

Getah lambung

 

Lambung berfungsi sebagai wadah, disini makanan diaduk dengan getah lambung dan diremas-remas oleh kontraksi ritmis dari otot-otot dinding. Gastrin adalah hormone yang diproduksi oleh sel-sel tertentu dari mukosa dan berfungsi mengatur sekresi pembentukan getah lambung, yang dalam keadaan normal produksinya mencapai 1-2 liter dalam 24 jam.

Tetapi dalam keadaan tertentu produksi asam meningkat,misalnya akibat alcohol, kopi yang terlampau pekat, makanan yang merangsang/pedas dan juga akibat ketegangan jiwa (stress). Asam lambung juga berfungsi membunuh kuman dalam makanan yang dapat menimbulkan infeksi.

Getah lambung, selain gastrin dan asam klorida, juga mengandung enzim pepsin dan lendir. Dibawah pengaruh asam lambung pepsin menjadi aktif dan mulai mencernakan protein dan menguraikannya menjadi asam-asam amino yang lalu diserap kedalam sirkulasi darah. Lendir berfungsi melindungi dinding lambung terhadap efek merusak dari asam dam pepsin.

BACA:  Obat Paten

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana