Pendikan Pasien yang Terinfeksi Penyakit

 

Evaluasi diagnostic

Diagnosis dibuat berdasarkan gambaran khas dari sakit klinik melalui penemuan laboratorium antara lain limfositosis dengan limfosit atipikal, deteksi terhadap heterofil antibody dan hasil tes antibody EBV spesifik positif.

Penatalaksanaan

Tindakan yang dilakukan bersifat simtomatik dan suportif. Aspirin atau asetaminofen diberikan untuk sakit kepala dan nyeri otot. Kortikosteroid dapat digunakan ketika komplikasi berat atau mengancam kehidupan, seperti disfungsi hati, manifestasi neurologic, trombositopenia, anemia hemolitik dan obstruksi jalan napas.

Pendidikan pasien

Pasien dianjurkan untuk tetap istirahat ditempat tidur pada saat terjadi demam dan beristirahat pada interval selama proses penyembuhan.

Aktifitas fisik yang berat dan olahraga kompetitif dikurangi sampai sembuh total karena pembesaran limfa dengan infeksi mononucleosis menyebabkan cedera dan mungkin pecah jika seseorang mengalami trauma ringan.

BACA:  Mengenal Penyakit Meningitis Bakteri

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek dari racun tikus, phenol glycerol, salep whitfield, Antimo campur kopi Hitam, Harga pipet di Apotik K24, efek samping neprholit, theramichin, cara mengatasi luka getah jambu mente, larutan burowi, penanganan mata terkena getah katus, Getah kaktus kena mata, Cara mengobati mata Terkena getah kaktus, anti nyeri kecelakaan, rohto cool untuk anak 3 tahun, ginjal minum yakult