Infeksi Jamur pada Manusia

http://kesehatankeluarga.netPada umumnya kita tidak menyadari, bahwa terdapat sejenis mikro-organisme (bukan bakteri atau virus) yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop dan dapat mengakibatkan infeksi pada kulit, kuku, dan organ-organ dalam kita. Infeksi dengan fungi demikian disebut mycosis (bahasa yunani mykes=jamur).

Dermatofit. Dari ribuan jenis jamur yang terdapat dialam, hanya beberapa saja yang dapat menginfeksi manusia. Yang terpenting adalah dermatofit, yaitu jamur yang hidup dipermukaan kulit dan semacam ragi candida, yang dapat menimbulkan infeksi pada selaput lendir. Fungi ini memiliki suatu enzim,yang mampu melarutkan keratin (jaringan tanduk) yang terdapat antara lain dikulit ari, rambut dan kuku. Ciri-ciri infeksi pada kulit berupa bercak-bercak melingkar yang gatal dan tertutup oleh sisik-sisik atau gelembung-gelembung kecil, yang mudah di infeksi lagi oleh bakteri.

Panu (pityriasis versicolor) adalah infeksi yang disebabkan oleh sejenis fungi lain (Malassezia furfur atau Pityrosporon orbiculare). Gangguan kulit ini, yang paling sering terdapat di Indonesia,luas sekali penyebarannya karena sangat mudah ditularkan. Ciri-cirinya adalah bercak-bercak putih (sampai cokelat), sering kali di kulit muka, yang terdiri dari benang-benang pendek dan spora berkelompok. Walaupun tidak menimbulkan gejala penyakit, namun secara kosmetis,panu sangat mengganggu si penderita.

Loading...

Candida albicans adalah jamur satu sel berbentuk bola-bola kecil, tanpa hifa, yang disebut ragi. Ragi ini menyebabkan gangguan yang sangat menjengkelkan pada wanita, yaitu keputihan yang biasanya disertai gatal-gatal pada alat kelamin luar wanita (vulva). Candida sering juga menginfeksi selaput lendir mulut, terutama pada anak kecil. Cirinya berupa luka-luka kecil semacam sariawan di mulut dan lidah yang sangat nyeri. Infeksi Candida disebut candidiasis.

Semua infeksi oleh dermatofit dan Candida tersebut diatas dapat diderita oleh mereka yang daya tahan tubuhnya terganggu, misalnya penderita AIDS. Organ-organ dalam, seperti paru-paru dan usus, adakalanya juga dapat terinfeksi jamur. Infeksi demikian bersifat sangat serius dan perlu ditangani oleh spesialis dirumah sakit.

Loading...