Obat Vinkristin dan Podofilin

https://kesehatankeluarga.netVinkristin (krebin, Oncovin) (1963) pada garis besarnya sama spectrum kerja dan penggunaannya dengan vinblastin, antara kedua obat tidak terdapat resistensi-silang lengkap.

Pada leukemia limfoblast obat ini lebih ampuh, terutama bila dikombinasi dengan sitostatika lain. Obat ini juga banyak digunakan pada M.non-Hodgkin dan tumor anak-anak.

Efek sampingnya sama dengan vinblastin, tetapi myelosupresi lebih ringan, sedangkan neurotoksisitasnya lebih besar.

Dosis: 1 X seminggu 0,05-0,15 mg/kg (sulfat).

Vindesin (eldisine) adalah derivate semisintesis dari vinblastin (1980) yang kurang myelosupresif dan neurotoksis dari pada vinkristin. Obat ini hanya digunakan dalam kombinasi dengan onkolitika lain.

Dosis: infuse i.v. 3 mg/m2/hari setiap 7-10 hari.

Podofilin

Damar ini diperoleh dari akar tanaman Amerika Podophyllum peltatum yang antara lain mengandung zat antimitotis podofilotoksin.

Dua glikosida semisintetisnya adalah etoposida dan teniposida (VM-26,Vumon), yang berdaya merintangi mitosis, mungkin dengan cara menghambat enzim topoisomerase-II sehingga terjadi pemecahan DNA.

Penggunaan podofilin sendiri sudah obsolete, tetapi larutannya 25% dalam alcohol jarang-jarang masih digunakan pada kutil berbentuk “kembang kol” pada alat kelamin (condylomata acuminata).

BACA:  Obat Sulfametizol dan Sulfadoksin

TOPIK MENARIK LAINNYA

Bokep lendir bawah umur, Supratul adalah, triplasiklin, apakah cairan infus bisa dibeli diapotik tanpa resep dokter, Kegunaan curut putih, obat cito warna orange, bubuk pembuat gatal di apotik, kapsul dumex, cara mengeluarkan plastik dalam perut kambing, ikan jeruk mengandung cacing pita, ginseng direndam sprite, benda yang berhubungan dengan api, pipet kaca di alfamart, harga synapsyl, manfaat lendir bekicot untuk asam lambung