Obat Vinkristin dan Podofilin

https://kesehatankeluarga.netVinkristin (krebin, Oncovin) (1963) pada garis besarnya sama spectrum kerja dan penggunaannya dengan vinblastin, antara kedua obat tidak terdapat resistensi-silang lengkap.

Pada leukemia limfoblast obat ini lebih ampuh, terutama bila dikombinasi dengan sitostatika lain. Obat ini juga banyak digunakan pada M.non-Hodgkin dan tumor anak-anak.

Efek sampingnya sama dengan vinblastin, tetapi myelosupresi lebih ringan, sedangkan neurotoksisitasnya lebih besar.

Dosis: 1 X seminggu 0,05-0,15 mg/kg (sulfat).

Vindesin (eldisine) adalah derivate semisintesis dari vinblastin (1980) yang kurang myelosupresif dan neurotoksis dari pada vinkristin. Obat ini hanya digunakan dalam kombinasi dengan onkolitika lain.

Dosis: infuse i.v. 3 mg/m2/hari setiap 7-10 hari.

Podofilin

Damar ini diperoleh dari akar tanaman Amerika Podophyllum peltatum yang antara lain mengandung zat antimitotis podofilotoksin.

Dua glikosida semisintetisnya adalah etoposida dan teniposida (VM-26,Vumon), yang berdaya merintangi mitosis, mungkin dengan cara menghambat enzim topoisomerase-II sehingga terjadi pemecahan DNA.

Penggunaan podofilin sendiri sudah obsolete, tetapi larutannya 25% dalam alcohol jarang-jarang masih digunakan pada kutil berbentuk “kembang kol” pada alat kelamin (condylomata acuminata).

BACA:  Cara Mengobati Gejala Gangguan Pencernaan

TOPIK MENARIK LAINNYA

bahaya infus bergelembung, Kasiat serbuk erba, biopradyn, Mentega untuk tanduk domba, bagaimana jika bentadin kalduasa diapakai, cara membuat gelang dari tanduk domba, cara mengatasi tembakau yang berjamur, Obat tertusuk tusuk sate, 120 gram gula setara dengan berapa sendok makan, apakah kucing menyusui boleh makan ragi, cairan infus tahan berapa lama setelah di buka, Antimo campur kopi hitam, apakah yakult bisa untuk kucing, cito veuron, Lagi batuk boleh minum You C 1000 pa ngga\