Tips Umum Untuk Mengatasi Kelelahan

https://kesehatankeluarga.netTindakan umum

Berhubung kemungkinan adanya suatu penyakit terselubung (missal diabetes, hepatitis, kanker) bila perasaan lelah berlanjut lebih dari satu bulan tanpa diketahui penyebabnya, perlu sekali konsultasi dokter sebab keletihan yang berkesinambungan dapat merupakan satu isyarat bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Begitu pula bila perasaan letih-lesu ini disertai keluhan-keluhan lain, seperti demam, batuk, nyeri atau menurunnya berat badan.

 

Penting sekali untuk berusaha mengubah pola hidup dan menitik beratkan pada ketenangan mental, aktivitas fisik yang cukup dan susunan makanan yang sehat dan seimbang.

Olah raga memberikan perasaan letih yang nyaman, sedangkan kekurangan kegiatan fisik sering kali menimbulkan perasaan lelah yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu baik sekali untuk melakukan gerak badan setiap hari dan sebaiknya yang membutuhkan tenaga, seperti jalan kaki cepat, bersepeda dan berenang. Hampir semua jenis olah raga dapat mengurangi perasaan letih lesu. Disamping itu menghirup udara segar dalam-dalam juga menstimulasi pernafasan dan peredaran darah dan memicu semangat, disamping menghilangkan stres.

BACA:  Yang Menjadi Resiko Dari Swamedikasi

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, supertera untuk saoi, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi