Operasi Dengan Kontap Laparoskopi

https://kesehatankeluarga.netOperasi endoskopi adalah operasi dengan jalan memasukkan alat optik dan alat operasi ke dalam rongga tubuh. Dengan ketetapan demikian maka perkembangan teknik operasi dengan menggunakan endoskopi berkembang dengan pesat.

Di negara-negara maju, operasi ini berkembang dengan pesat, sehingga dapat mengurangi rawat inap, rasa sakit, dan penyulit lainnya dari operasi laparotomi biasa. Sebagai gambaran bagaimana operasi kontap dilakukan dengan endoskopi dapat dijabarkan sebagai berikut:

 

1. Koldoskopi

  • Melakukan operasi kontap dengan melalui dinding forniks vagina belakang. Situasi penderita sadar, dan dalam kedudukan kaki ( lutut ) dada.

2. Laparoskopi

  • Membuat lubang melalui dinding abdomen di bawah pusat dan di atas sinfisis.
  • Penderita dianestesi ( tidur ) sehingga aman untuk operasi.
  • Kedudukan penderita tidur terlentang.

Dalam operasi untuk menutup tuba fallopi dapat dilakukan dengan jalan termokauter, aplikasi cincin Falope, dan pemasangan hemoklip.

Keuntungan operasi kontap dengan laparoskopi adalah masa rawat inap pendek, tidak banyak memerlukan pengawasan setelah operasi, dan dapat dilakukan secara massal.

Sedangkan kerugiannya adalah memerlukan keterampilan khusus, biasanya relatif mahal bila jumlah operasi sedikit, dan metode penutupan tuba terbatas.

BACA:  BAGAIMANA PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KESEHATAN

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana