Operasi Dengan Kontap Laparoskopi

https://kesehatankeluarga.netOperasi endoskopi adalah operasi dengan jalan memasukkan alat optik dan alat operasi ke dalam rongga tubuh. Dengan ketetapan demikian maka perkembangan teknik operasi dengan menggunakan endoskopi berkembang dengan pesat.

Di negara-negara maju, operasi ini berkembang dengan pesat, sehingga dapat mengurangi rawat inap, rasa sakit, dan penyulit lainnya dari operasi laparotomi biasa. Sebagai gambaran bagaimana operasi kontap dilakukan dengan endoskopi dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Koldoskopi

  • Melakukan operasi kontap dengan melalui dinding forniks vagina belakang. Situasi penderita sadar, dan dalam kedudukan kaki ( lutut ) dada.

2. Laparoskopi

  • Membuat lubang melalui dinding abdomen di bawah pusat dan di atas sinfisis.
  • Penderita dianestesi ( tidur ) sehingga aman untuk operasi.
  • Kedudukan penderita tidur terlentang.

Dalam operasi untuk menutup tuba fallopi dapat dilakukan dengan jalan termokauter, aplikasi cincin Falope, dan pemasangan hemoklip.

Keuntungan operasi kontap dengan laparoskopi adalah masa rawat inap pendek, tidak banyak memerlukan pengawasan setelah operasi, dan dapat dilakukan secara massal.

Sedangkan kerugiannya adalah memerlukan keterampilan khusus, biasanya relatif mahal bila jumlah operasi sedikit, dan metode penutupan tuba terbatas.

BACA:  Respon Manusia Terhadap Stimuli

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina