Operasi Dengan Kontap Laparoskopi

 

https://kesehatankeluarga.netOperasi endoskopi adalah operasi dengan jalan memasukkan alat optik dan alat operasi ke dalam rongga tubuh. Dengan ketetapan demikian maka perkembangan teknik operasi dengan menggunakan endoskopi berkembang dengan pesat.

Di negara-negara maju, operasi ini berkembang dengan pesat, sehingga dapat mengurangi rawat inap, rasa sakit, dan penyulit lainnya dari operasi laparotomi biasa. Sebagai gambaran bagaimana operasi kontap dilakukan dengan endoskopi dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Koldoskopi

  • Melakukan operasi kontap dengan melalui dinding forniks vagina belakang. Situasi penderita sadar, dan dalam kedudukan kaki ( lutut ) dada.

2. Laparoskopi

  • Membuat lubang melalui dinding abdomen di bawah pusat dan di atas sinfisis.
  • Penderita dianestesi ( tidur ) sehingga aman untuk operasi.
  • Kedudukan penderita tidur terlentang.

Dalam operasi untuk menutup tuba fallopi dapat dilakukan dengan jalan termokauter, aplikasi cincin Falope, dan pemasangan hemoklip.

Keuntungan operasi kontap dengan laparoskopi adalah masa rawat inap pendek, tidak banyak memerlukan pengawasan setelah operasi, dan dapat dilakukan secara massal.

Sedangkan kerugiannya adalah memerlukan keterampilan khusus, biasanya relatif mahal bila jumlah operasi sedikit, dan metode penutupan tuba terbatas.

BACA:  BAGAIMANA PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KESEHATAN

TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membius anjing lewat makanan, kucing minum yakult, ginseng direndam sprite, Fultaren, batuk dahak terasa asin, bir campor micin, makalah ekologi dan peran jamur, Cara melepas perban saat sunat, kucing menyusui boleh gak dikasih ragi, bolehkah setelah minum obat minum yakult, artikel tentang jenis jenis pekerjaan sesuai dengan tempat tinggal, timbul bentol merah pada lejer dan punggung, bir bintang kadaluarsa, cara kerja dulcolax, harga synapsyl