Efek Samping dan Dosis Asiklovir

https://kesehatankeluarga.netEfek sampingnya berupa gangguan lambung-usus, ruam kulit dan pusing-pusing. Adakalanya anoreksia, sukar tidur dan nyeri sendi.

 

Penggunaan local sebagai salep dapat menimbulkan nyeri untuk sementara, rasa terbakar, gatal-gatal dan erythema, dimata: radang pinggir kelopak mata dan radang selaput mata.

 

Dosis: Infeksi HSV: oral 5 dd 200 mg setiap 4 jam selama minimal 5 hari. Profilaksis Herpes Genitalis: 4 dd 200 mg, Herpes zoster: 5 dd 800 mg setiap 4 jam selama 7 hari. Salep kulit 5% dan salep mata 3% 5 dd setiap 4 jam selama 5 hari.

1. Valasiklovir (Zelitrex, Valtrex) adalah prodrug (1995) dengan resorpsi baik, yang segera dihidrolisa hampir lengkap menjadi asiklovir dan asam amino alamiah l-valine.

BA asiklovir yang terbentuk adalah kurang lebih 54%, jadi 4-5x lebih tinggi dibandingkan dengan pemberian sebagai asiklovir sendiri. Digunakan pada Herpes zoster dengan dosis: oral 3 dd 1000 mg selama 7 hari.

2. Famsiklovir (famvir) adalah derivate (1995) yang pertama-tama diubah menjadi pensiklovir untuk kemudian difosforilasi menjadi trifosfatnya.

Zat ini diikorporasi dalam DNA virus sehingga sintesa DNA viral terhenti. Resorpsinya juga lebih baik dari pada asiklovir. Khusus digunakan pada infeksi Herpes zoster.

Dosisnya: oral 3 dd 250 mg selama 7 hari.

3. Gansiklovir (cymevene) adalah derivate asiklovir (1988) yang khusus digunakan pada infeksi Cytomegalovirus pada pasien AIDS parah. Obat anti CMV lainnya adalah virus tatikum foscarnet (foscavir) dan cidofovir.

Dosisnya: infuse i.v 2 dd 5 mg/kg setiap 12 jam selama 14-21 hari.

BACA:  Tips Menggunakan Obat Bentuk Tablet untuk Pengobatan Sendiri

TOPIK MENARIK LAINNYA

mengatasi gatal gatal kena jerami, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi