Tips Menyusui Bayi Dengan Aman

https://kesehatankeluarga.netKebersihan dan pengaturan merupakan factor terpenting dalam menyusui dengan botol.

Cuci, bilas, dan sterilkan (sterilkan berlaku untuk 6 bulan pertama) semua peralatan, termasuk peralatan makan yang anda gunakan ketika membuat campuran susu. Gunakan air sabun panas saat mencuci dan pastikan anda membilas  secara menyeluruh.

 

Cucilah tangan sebelum membuat susu dan memberikan botol untuk bayi.

Susu formula awet selama maksimal 24 jam didalam lemari es, yang berarti anda dapat menyiapkan susu botol, tetapi sisa susu tidak boleh dipanaskan. Bakteri dalam susu formula sisa dapat berkembang baik dengan cepat dan membuat bayi sakit.

Buatlah beberapa susu botol sekaligus untuk memudahkan anda dan simpan didalam kulkas selama maksimal 24 jam.

Jangan mengencerkan atau memadatkan susu formula. Hal itu bisa membuat bayi sakit.

Kocok botol hangat untuk menyebarkan panas dan uji suhunya dibagian dalam pergelangan tangan anda. Susu harus terasa sedikit hangat pada kulit anda dan tidak panas atau dingin.

Tawarkan bayi anda sedikit air putih yang sudah didinginkan di antara waktu menyusui untuk menjaganya dari dehidrasi dan melatihnya merasakan air biasa.

Berikan waktu setidaknya 2 minggu untuk beralih dari ASI ke susu botol. Jika anda akan kembali bekerja, berikan diri anda dan bayi anda banyak waktu untuk menyesuaikan.

Jangan beralih dari susu sapi ke jenis susu formula lain tanpa mencari nasehat medis sebelumnya.

BACA:  Yang Memicu dan Cara Menangani Migren

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana