Cara Mengobati Kelelahan

https://kesehatankeluarga.netPengobatan sendiri dari kelelahan

Tonika (obat penguat)

Adalah obat-obat atau suplemen yang meningkatkan semangat dan tenaga. Biasanya digunakan zat beraneka ragam yang mencakup zat-zat penyegar, seperti kofein dan alcohol, vitamin B-kompleks, ginseng, dan bawang putih. Namun banyak dari zat-zat tersebut secara ilmiah tidak terbukti manfaatnya.

Kopi.

Guna menghilangkan rasa letih dan lesu secangkir kopi kental sangat efektif karena mengandung 75-100 mg kofein. Semua orang mengetahui efek secangkir kopi yang meningkatkan semangat dan kewaspadaan, disamping menghilangkan rasa kantuk. Tetapi terlalu banyak kofein dapat menimbulkan efek samping, seperti perasaan tegang, gelisah dan susah tidur. Oleh karena itu, tidak dianjurkan utuk minum lebih dari 3-4 cangkir kopi dalam sehari. Teh, kakao dan kola juga mengandung kofein, tetapi lebih sedikit.

Perhatian! Bila minum kopi terlampau banyak (lebih dari 6-7 cangkir sehari) kadar kolesterol darah akan meningkat karena kopi mengandung lemak.

BACA:  Cara Menyusui Bayi Premature

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melunakan karet anting, bolehkah penderita sakit lambung minum antimo, efek insto dicampur kopi, Apakah obat luka betadin ada kadaluarsa nya, sprite campur micin, ikan jeruk mengandung cacing pita, Obat bius untuk anjing yang di jual di apotik, skrip iklan obat batuk, cairan infus untuk gatal, Obat yang menggunakan pipet kaca di alfamart, manfaat air infus untuk gatal, minum obat cacing saat haid, buah pateng, manfaat penyuluhan kesehatan, nama lain pil atom