Swamedikasi Migren

https://kesehatankeluarga.netPengobatan Sendiri Migren

 

Bila diobati sedini mungkin, serangan sering kali dapat dihentikan secara efektif dengan kombinasi obat demam dan antimual dan zat antinyeri. Pertama-tama diminum tablet antimual metoklopramida (Prinperan) atau domperidon (Montilium) dengan efek meningkatkan gerakan (Peristaltik) lambung, yang selama serangan sangat  terlambat. Setengah jam kemudian diminum 2 tablet parasetamol atau 2 tablet mefenamat (Ponstan). Setelah obat-obat ini diminum adalah penting agar penderita berbaring di ruang gelap dan berusaha tidur. Penderita yang sudah mual dan tidak dapat minum obat-obat tersebut dapat menggunakannya secara rektal dalam bentuk supositoria.

 

Serangan yang hebat perlu ditangani oleh dokter dengan obat migren khas, yakni obat penciut pembuluh darah ergotamin atau sumatriptan, yang sangat ampuh menghentikan serangan hebat dalam waktu 0,5-2 jam (injeksi atau tablet).

Obat-Obat Tersendiri

Parasetamol (Panadol,Tylenol) obat antinyeri dan antidemam ini paling banyak digunakan karena pada takaran biasa bersifat aman, tanpa memberikan efek samping. Juga aman bagi anak kecil dan wanita hamil bila dimakan untuk waktu singkat. Ibu yang menyusui sebaiknya jangan minum obat ini karena parasetamol masuk ke dalam air susu ibu.

Daya kerjanya hampir sama kuatnya dengan asetosal dan lama kerjanya sedikit lebih singkat. Kombinasi dengan kofein memperkuat efeknya dan hasil yang sama dapat dicapai dengan minum secangkir kopi pekat.

Efek samping.

Pada dosisi terlampau tinggi lebih dari 3 g sehari) dapat terjadi mual, muntah dan menurunnya nafsu makan. Dosis diatas  5 g (=10 tablet!) pada anak-anak kecil sudah dapat merusak sel-sel hati secara fatal. Oleh sebab itu, obat-obat yang mengandung parasetamol harus disimpan dengan baik, jauh dari jangkauan anak-anak. Penggunaan lama dari dosis tinggi dapat merusak ginjal dan hati.

BACA:  Tips untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Dosis: dewasa 3-5 kali sehari 1 tablet dari 500 mg; anak 3-12 bulan; 4-6 kali 60 mg, 1-3 tahun: 4-6 kali 60-120 mg, 3-6 tahun: 4-6 kali 120 mg, 6-12 tahun: 4-6 kali 240 mg, di atas 12 tahun seperti dewasa.

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm