Asiklovir Untuk Virus Herpes

https://kesehatankeluarga.netAsiklovir: acycloguanosine, Zovirax

Derivate guanosin (asikloguanosin) ini (1981) berkhasiat spesifik terhadap virus Herpes tanpa mengganggu fisiologi sel-sel tuan rumah.

 

Mekanisme kerjanya khas, yakni obat baru menjadi aktif setelah difosforilasi oleh enzim tymidinkinase, yang khusus terdapat dalam sel-sel  yang diinfeksi virus.

Asiklovirtrifosfat yang terbentuk digunakan oleh virus untuk membangun DNA nya. Dengan demikian, pembentukan DNA virus dikacaukan dan terhenti sama sekali, sedangkan pembentukan DNA dari sel-sel tuan rumah tidak terganggu.

Terutama digunakan pada semua infeksi dengan Herpes Simplex dan Herpes Zoster, tetapi tidak memusnahkannya. Kombinasi dengan zidovudin dapat bekekrja sinergistis.

Resorpsinya dari usus buruk dengan BA hanya 12-20%, maka pentakaran oral perlu tinggi sekali. PP nya rata-rata 21%, plasma t½ nyalebih kurang 3 jam.

Ekskresinya untuk lebih kurang 75% secara utuh dengan kemih. Bersifat cukup lipofil untuk dapat melintasi CCS, maka juga digunakan pada infeksi otak (encephalitis herpetica) sebagai infuse.

BACA:  Penggunaan Sulfonamida Pada Ibu Hamil dan Menyusui

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, supertera untuk saoi, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi