Apa Penyebab dan Gejala Dari Tukak Lambung

https://kesehatankeluarga.netTukak lambung berciri borok pada selaput lendir lambung yang kedalamannya bisa mencapai jaringan otot, bahkan dapat mengakibatkan lubang pada dinding lambung.

Sering kali terjadi antara usia 20-50 tahun,pada kaum pria empat kali lebih sering dari pada wanita, mungkin karena pada umumnya pria lebih banyak minum alcohol, merokok, makan tidak teratur dan hidup tergesa-gesa dengan stress akibat pekerjaan. Dalam kebanyakan hal ( ± 80%) tukak letaknya bukan dilambung, melainkan dibagian atas dari usus halus.

 

Gejalanya dapat berupa rasa nyeri hebat berkala dibagian kanan atas dari perut yang menjalar kepunggung dan timbul 1-3 jam setelah makan. Juga dapat timbul perasaan kembung. Keluhan-keluhan diperhebat dengan ketegangan dan stress, terlampau lelah dan merokok.

Penyebabnya.

Kini telah dibuktikan bahwa penyebabnya adalah kuman Helicobakter pylori, yang berbentuk sekrup dan dapat “menyekrup diri” kedalam selaput lendir lambung dan mengakibatkan peradangan.

Dengan demikian terjadi luka-luka pada mukosa, yang mudah ditembus oleh getah lambung. Dalam keadaan sehat, mukosa lambung yang dilindungi oleh lendirnya, sangat tahan terhadap asam klorida dan pepsin.

Akan tetapi luka-luka tersebut memperlemah daya tahan lapisan pelindung dan lambat laun getah dapat meresap ke jaringan dalam dan mukosa “dicernakan” oleh asam dan pepsin.

Akibatnya dapat terjadi lubang pada dinding lambung, yang mengakibatkan perdarahan. Akibat yang berbahaya ini sering kali juga dapat berlangsung pada tukak usus halus.

BACA:  Jenis Alergi Secara Umum

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Bahayakah jika anak kucing menelan karet dot, Bokep antara keluarga, Apakah ajinomoto termasuk obat bisul, tanduk kambing menusuk kepala, Tanggal kadaluarsa sirup marjan, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, insto campur kopi, kalpanax cair ditarik, cara beli pipet kaca di apotik, apa bedanya dramamine sama antimo, harga pipet tetes di apotik, pil erba, efek minum antimo 5 butir, kalpanax cair hilang dari peredaran, cara mengawetkan tanduk