Obat-Obat Dari Tumbuhan

kesehatankeluarga.netOBAT-OBAT TUMBUHAN

Yang dimaksud dengan obat-obat tumbuhan adalah daun, akar atau biji dari tumbuh-tumbuhan yang pada umumnya dikeringkan dan digunakan sebagai obat. Biasanya obat-obat ini terutama dalam bentuk ramuan jamu sudah digunakan secara turun temurun, yang khasiatnya pada awalnya ditemukan secara kebetulan atau dengan cara mencoba-coba. Oleh karena itu, penggunaannya berdasarkan pengalaman selama berabad-abad dan jarang sekali atas dasar penelitian ilmiah.

Di Indonesia obat tumbuhan dalam bentuk jamu banyak sekali digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan sendiri terhadap segala macam penyakit. Menurut peraturan yang berlaku, obat-obatan ini juga harus didaftarkan  pada badan POM dari Dep.kes..R.I. dengan data mengenai efektifitas dan non toksisitasnya. Hal ini penting sekali dilakukan agar jangan setiap orang (bukan ahli) membuat dan memasarkan ramuan yang tidak jelas kandungannya, yang tidak ada efeknya terhadap penyakit yang ingin diatasi, atau ramuan mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.

BACA:  BAGAIMANA PENYAKIT DI ZAMAN MANUSIA NOMADEN

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina