5 Cara Mencegah Terjadinya Jerawat

https://kesehatankeluarga.netTedapat beberapa tindakan dan upaya mengenai hygiene pribadi yang dapat dilakukan untuk mengurangi timbulnya jerawat yakni:

  • Cuci muka dengan air hangat dua kali sehari dan sedikit mungkin dengan sabun lembut guna menghilangkan lemak berlebihan dari permukaan kulit, kemudian dikeringkan dengan hati-hati, tetapi jangan digosok untuk menghindari iritasi.
  • Gunakan kosmetika atas dasar air (misalnya gel) dan hindari kosmetika yang berlemak, misalnya emulsi atau minyak. Jangan menggunakan make-up yang mangandung lanolin, natrium laurisulfat atau isopropilmiristat (baca labelnya). Krem dan bedak dapat menyumbat pori-pori kelenjar talg sehingga jumlah komedo akan bertambah.
  • Jangan memijat jerawat atau menggaruknya dengan jari-jari. Karena ini sering kali merusak kulit dengan terjadinya infeksi, yang bisa meradang dan meninggalkan bekas/parut.
  • Komedo yang sudah terbuka (matang) jika perlu dapat dipijat, tetapi jangan dengan kuku. Sendok komedo yakni suatu sendok mini dengan lubang kecil ditengahnya, adalah praktis untuk ini. Sebelum dipijat, kulit dapat dibuat lentur dengan air hangat.
  • Efek baik dari diet, seperti pantang memakan cokelat, keju dan daging babi, sebagai tindakan untuk menghindari jerawat hingga kini tidak terbukti.
BACA:  Tips Obat Khusus Untuk Jerawat

TOPIK MENARIK LAINNYA

dimana bisa beli belerang, rohto cool untuk anak bolehkh, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik, perbedaan salep 88 asli dan palsu, cara membengkokkan kaca pipet, pipet kaca di alfamart