Gejala-Gejala Infeksi Cacing Cambuk dan Cacing Tambang

https://kesehatankeluarga.netCacing cambuk

 

Berbentuk seperti cambuk, panjangnya 3-5 cm, sering kali terdapat bersama cacing gelang dan cacing tambang. Infeksi terjadi melalui telur-telurnya dalam tinja anjing atau kucing atau sayuran kotor. Dalam usus cacing menyuntikkan sejenis cairan kedalam jaringan, yang kemudian larut dan dimakan olehnya. Gejalanya bergantung pada jumlah cacing, bila hanya sedikit tidak bergejala, tetapi bila banyak bisa merupakan diare berdarah dan kurang darah. Pada anak kecil dapat mengakibatkan radang umbai usus buntu akut.

 

Pengenalan

Secara mikroskopis dapat dikenali telur cacingnya dalam tinja.

Cacing tambang

Panjang cacing ini antara 6 dan 12 mm dan memiliki 4 gigi yang mirip kaitan (oleh karena itu disebut hookworm). Cacing mengaitkan diri pada dinding usus dan cacing betinanya dapat meletakkan sampai 2000 telur setiap hari. Telur ini meninggalkan tubuh melalui tinja dan menetas menjadi larva yang berbentuk benang halus. Larva masuk kedalam darah melalui kulit kaki, kemudian menuju paru-paru dan via mulut mencapai usus.

Pengenalan

Gejala khasnya adalah ruam kulit dengan gatal-gatal dikaki akibat larva yang mengembara dibawah kulit. Batuk disertai peningkatan suhu terjadi pada waktu cacing menembus paru-paru dan tenggorok. Pengisapan darah oleh cacing menyebabkan kekurangan darah (anemi) dan muka menjadi pucat. Pengenalan cacing tambang dapat dilakukan secara mikroskopis melalui telurnya dalam tinja.

BACA:  Sindrom Kematian Bayi Mendadak

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi