Mengenal gejala-gejala Infeksi Cacing Kremi

https://kesehatankeluarga.netCacing kremi

Infeksi dengan cacing ini paling banyak terjadi, biasanya sewaktu anak-anak bermain di tanah, dimana telur-telur cacing melekat pada kuku dan jari tangan. Bila kemudian tangan anak menyentuh mulut atau memakan sesuatu, telur ini turut masuk kedalam saluran cerna. Cacing berwarna putih ini panjangnya kira-kira 1 cm dan tebalnya 0,4 mm, terutama hidup dalam rongga usus buntu dan usus besar. Cacing ini dalam tinja sukar dilihat dengan mata telanjang, tetapi diatas kulit seringkali tampak dengan jelas.

Gejala-gejalanya baru terlihat 3-6 minggu setelah terjadinya infeksi (masa inkubasi). Pada waktu itu antara jam 8 dan 9 malam cacing betina keluar dari dubur untuk bertelur. Telur-telurnya diletakkan pada lipatan-lipatan kulit sekitar dubur dengan suatu zat yang mirip jelatin. Gerakan-gerakan cacing inilah yang mengakibatkan rasa gatal yang hebat. Anak akan menggaruk-garuk dan pada saat ini secara tak sadar telur akan melekat pada jari dan kukunya, juga pada baju dan seprei. Kemudian telur-telur ini dengan mudah ditularkan lagi ke mulut sendiri atau mulut orang lain melalui seprei, mainan atau tombol pintu sehingga dengan demikian cacing kremi dapat menjalar dengan pesat dalam satu keluarga atau disekolah. Oleh karena itu, sebaiknya semua anggota keluarga diobati juga, walaupun mereka belum tampak gejala-gejala.

Akibat menggaruk kadangkala timbul peradangan disekitar dubur. Pada anak perempuan dapat terjadi peradangan di vagina. Anak-anak menjadi cerewet karena buruk tidurnya dan disekolah sukar berkonsentrasi pada pelajarannya. Cacing-cacing yang berada dalam saluran cerna dapat merangsang dinding usus dan menimbulkan keluhan-keluhan seperti diare, nyeri perut dengan kejang-kejang, mual dan kadangkala muntah serta menurunnya berat badan.

Pengenalan.

BACA:  Cara Memegang Bayi Saat Di Mandikan

 Melalui pemeriksaan kulit sekitar dubur (dan tinja), cacing kremi dapat dikenali. Pengobatan perlu diulang setelah 2 minggu untuk mematikan cacing yang menetas dan telur-telurnya yang belum dimusnahkan oleh obat.

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina