Cara Menggunakan Klisma

 

kesehatankeluarga.netKlisma

Klisma mengandung larutan obat atau obat yang terbagi halus dalam cairan dan juga harus digunakan melalui dubur. Biasanya isinya 100 ml dan obat harus bekerja setempat, sebagai laksans atau anti radang. Tetapi ada juga yang mengandung 5-10 ml (mikroklisma, rektiole), yang selain bekerja setempat sebagai laksans (microlax),juga dimaksudkan untuk diserap kedalam darah, misalnya obat pereda diazepam (stesolid). Dapat disamakan dengan supositoria.

Cara menggunakan

Berbaring miring dengan kaki bawah urus dan kaki atas ditekuk. Pipa dari wadah klisma/rektiole dimasukkan melalui dubur sejauh mungkin kedalam poros usus. Obat dikeluarkan dari botol(plastic) dengan menekannya secara berhati-hati. Bila sudah kosong,tarik kembali pipa dari dubur. Biarkan 5-10 menit dalam keadaan berbaring untuk menghindarkan obat keluar lagi.

BACA:  Cara Menggunakan Supositoria

TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat darah dari betadin, proneuron obat, Apakah penderita asam lambung boleh minum antimo, conth statistik dalam informasi kesehatan, kewirausaahaan dalam bidang kesehatan, contoh cerata, Cara membius anjing lewat makanan, kucing minum yakult, ginseng direndam sprite, Fultaren, batuk dahak terasa asin, bir campor micin, makalah ekologi dan peran jamur, Cara melepas perban saat sunat, harga synapsyl

Leave a Reply