Cara Menggunakan Klisma

kesehatankeluarga.netKlisma

Klisma mengandung larutan obat atau obat yang terbagi halus dalam cairan dan juga harus digunakan melalui dubur. Biasanya isinya 100 ml dan obat harus bekerja setempat, sebagai laksans atau anti radang. Tetapi ada juga yang mengandung 5-10 ml (mikroklisma, rektiole), yang selain bekerja setempat sebagai laksans (microlax),juga dimaksudkan untuk diserap kedalam darah, misalnya obat pereda diazepam (stesolid). Dapat disamakan dengan supositoria.

 

Cara menggunakan

Berbaring miring dengan kaki bawah urus dan kaki atas ditekuk. Pipa dari wadah klisma/rektiole dimasukkan melalui dubur sejauh mungkin kedalam poros usus. Obat dikeluarkan dari botol(plastic) dengan menekannya secara berhati-hati. Bila sudah kosong,tarik kembali pipa dari dubur. Biarkan 5-10 menit dalam keadaan berbaring untuk menghindarkan obat keluar lagi.

BACA:  Tips Obat untuk Pengobatan sendiri Infeksi Cacing

TOPIK MENARIK LAINNYA

batuk apa boleh minum yakult, bokop gadis bawa umur terbaru, Bagaimana cara mengeluarkan getah Karet dari bak nya, kode pcare tertusuk paku di kaki, Obat penumbuh tanduk domba alami, Cara mengatasi tembakau jamuran, selang infus bergelembung, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik, perbedaan salep 88 asli dan palsu