Cara Mengobati Ketombe

 

Cara Mengobati KetombePengobatannya terdiri dari mencuci rambut secara teratur dengan suatu sampo antiketombe, yang mengandung suatu zat dengan daya antimiotik untuk menghambat cepatnya pembentukan sel-sel baru serta suatu zat dengan daya keratolitik untuk memecahkan gumpalan-gumpalan keratin besar menjadi lebih kecil dan berkhasiat antigatal. Suatu zat yang memiliki efek tersebut adalah ter batu bara (liq. Carbonis detergens), lagipula berkhasiat menyempitkan pembuluh darah, mengerutkan (adstringens) dan anti bakteri. Selain itu juga banyak digunakan shampoo yang mengandung seleniumsulfida 2,5% (selsun) atau seng pirition 2% (head and shoulders, zinkan). Kedua hal tersebut berkhasiat anti bakteri, anti jamur/ragi dan menghambat keluarnya talg (palit) berlebihan dari kelenjar talg.

Cara pakainya

sampo tersebut biasanya dalam beberapa minggu sudah efektif menanggulangi ketombe bila digunakan 2 kali seminggu selama 1-2 minggu, kemudian 1 kali seminggu. Cara pakainya adalah ±10 cc sampo dimasase ke dalam kulit kepala sampai berbusa baik, lalu dibilas dengan air. Masase diulang lagi dengan 10cc, busa dibiarkan ±5 menit untuk menjamin kerjanya, akhirnya dibilas dengan air. Setiap kali cuci rambut, serentak sisir dibersihkan dari kuman-kuman serta menyikatnya beberapa menit dengan sabun!.

Berhubung sifatnya yang merangsang, hendaknya hati-hati agar sampo jangan terkena mata! Selensulfida setelah beberapa waktu sering kali mengakibatkan rambut berlemak, dalam hal demikian sebaiknya diganti sampo yang mengandung ter atau seng.

BACA:  Obat Serbuk dan Cara Mennggunakannya

TOPIK MENARIK LAINNYA

nama ilmiah jamur tape, kalpanak cair, ginseng direndam sprite, Minyak ayam untuk tanduk domba, cara menyimpan tembakau agar tidak berjamur, minyak ikan untuk tanduk domba, swedikasi, cara membengkok kan kaca pipet, Antimo di campur fanta, Khasiat belerang merah dari makkah, perbedaan antimo dan dramamine, merk obat batuk mengandung kodein, Selubung lendir yang melapisi bagian luar dinding sel bakteri berfungsi untuk, Anak kucing menelan karet, efek samping dari daun kapuk

Leave a Reply