Cara Menggunakan Salep,Krem,Gel dan Serbuk Tabur

kesehatankeluarga.netSalep, krem dan gel

Pada jenis sediaan ini obat terlarut atau terbagi halus dalam campuran lemak (salep), campuran minyak-lemak-air (krem) atau campuran yang berupa selai dari zat penebal-air-alkohol (gel). Perbedaan lain antara ketiga macam obat luar ini adalah, bahwa salep sukar dicuci dari kulit,sedangkan krem dan gel agak mudah.

 

Pasta

Pasta adalah salep yang mengandung lebih banyak zat padat dan karena itu bentuknya lebih keras dan juga lebih sukar dioleskan pada kulit.

Cara menggunakan

Dengan tangan yang bersih keluarkan sedikit obat dari tube atai pot dan oleskan setipis mungkin pada kulit.

Serbuk tabur

Obat terbagi halus dalam serbuk, biasanya talk atau tepung beras. Sering kali mengandung mentol untuk anti gatal. Serbuk tabor tidak boleh digunakan pada borok/luka terbuka, terkecuali bila tercantum pada atauran pakainya.

Aturan pakai

Taburkan sedikit serbuk pada kulit dan dengan hati-hati digosok.

BACA:  Apa Obat Khusus untuk Eksim

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek samping bawang merah untuk karet, pinggang terbentur, Ciri ciri bintitan sudah mau sembuh, tertusuk duri lcd 10, Kenapa obat tetes mata herbal Honey Drops tidak boleh di pakai mata sudah di oprasi, kegunaan salep klorampekol, merk gliserin di apotik, pipet kaca di alfamart, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara melarutkan kapur barus, cara membuat bubuk gatal sederhana, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, cara beli pipet kaca di apotik, efek samping cream bl