Jenis Alergi Secara Umum

kesehatankeluarga.netBerdasarkan kecepatan terjadinya reaksi terhadap allergen, dalam garis besar dapat dibedakan dua jenis alergi, yakni alergi pesat dan alergi lambat.

Alergi pesat

 

Pada jenis ini reaksi terhadap masuknya allergen kedalam tubuh pesat sekali, antara 1 sampai 15 menit (misalnya debu rumah, bulu hewan, makanan dan racun penyengat dari tawon). Seorang yang peka berlebihan terhadap sari bunga, bila berjalan dilapangan dengan banyak rumput, akan menderita serangan demam musiman dalam waktu 15 menit. Seorang lain yang terus menerus pilek dalam rumah, mungkin alergis terhadap debu rumah, sedangkan adapula yang menderita sesak napas hanya beberapa menit setelah memasuki ruangan dimana terdapat kucing atau anjing. Adapula yang setelah makan udang, ikan atau susu sapi, segera menderita penebalan bibir, kelopak mata dan telinga. Orang yang alergis terhadap racun penyengat dapat jatuh pingsan setelah di sengat, bahkan dapat berakibat fatal bila tidak segera mungkin diberi obat.

Alergi lambat

Pada jenis alergi ini, reaksi baru terjadi beberapa hari setelah tubuh bersentuhan dengan allergen. Reaksinya hampir selalu berupa suatu bentuk eksim. Sebagai contoh dapat disebut eksim pada tangan karyawan pabrik yang bekerja dengan zat-zat kimia. Juga eksim dicuping telinga atau dimuka akibat menggunakan anting-anting dari logam tak mulia (nekel, krom, tembaga) atau kuteks kuku. Alergi demikian juga dinamakan alergi kontak dan eksimnya disebut eksim kontak.

BACA:  Perbedaan Eksim Alergis dan Eksim Kontak

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana