Cara Penanganan Sendiri Batuk Berdahak

https://kesehatankeluarga.netPenanganan sendiri batuk basah

Perlu dibedakan antara batuk basah, yang menghasilkan dahak dan batuk kering tanpa adanya dahak. Obat-obat utama yang tersedia bebas untuk batuk basah adalah zat pengeluar dahak atau zat pelarut dahak. Disamping itu banyak minum juga dapat membantu mengencerkan dahak.

Ekspektoransia

Ekspektoransia adalah obat yang berkhasiat mengencerkan dan mengeluarkan dahak, misalnya amoniumklorida, ekstrak kayu manis (liquiritiae, drop)atau minyak atsiri (minyak permen, adas, mentol). Obat-obat ini biasanya dilarutkan dalam larutan gula kental (sirop tymi). Banyak digunakan obat batuk hitam (OBH) yang mengandung amoniumklorida, ammonia, minyak atsiri anis dan kayu manis yang dapat dibeli bebas diapotik.

Bagi bayi, anak kecil atau ibu hamil dan menyusui, sirop tymi sangat cocok karena tidak memiliki efek samping. Enak rasanya dan sangat aman. Juga obat batuk putih yang mengandung minyak anis banyak digunakan bagi anak kecil.

Obat rumah tangga yang mudah dibuat sendiri dan kerap kali ternyata efektif untuk menguraikan dahak adalah “sirop” dari perasan satu butir jeruk nipis atau sitrum dengan tiga sendok the madu dalam 1 cawan air panas dan diminum 3-4 kali sehari.

BACA:  Pengobatan Virus Herpes Zoster

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina