Cara Mencegah dan Melindungi Luka Bakar Karena Sinar Matahari

 

https://kesehatankeluarga.netLuka bakar Matahari

Penyebab lain dari terbakarnya kulit adalah sinar matahari, yang dapat dikategorikan luka bakar stadium ke 1. Terutama dapat diderita oleh mereka yang tidak biasa berjalan atau berdiam lama di bawah sinar matahari. Misalnya setelah bermain dan berenang dipantai laut sepanjang hari, dengan pasti malamnya akan menderita luka bakar. Terutama orang berwarna kulit putih sangat peka untuk luka bakar karena kulitnya mengandung lebih sedikit melanin, yaitu zat warna kulit (pigmen) yang melindungi terhadap sinar matahari. Lagi pula orang dari daerah tropis juga lebih kebal terhadap pengaruh sinar matahari karena lapisan keratinnya sudah menjadi lebih tebal.

Pencegahan

Mereka yang ingin kepantai, sebaiknya melindungi kulit dengan suatu lotion atau krem, yang mengandung zat penyerap sinar UV, juga disebut penyaring UV (sunscreen). Untuk maksud ini tersedia beberapa krem bebas, yang menagndung zat penyaring UV kimiawi seperti PABA dan esternya padimate (parasol), juga oksibenzon (Pabanox). Sediaan-sediaan tersebut juga  mengandung titandioksida atau sengoksida sebagai zat penyaring UV fisik dan harus dioleskan pada kulit 0,5 jam sebelum berjemur dibawah sinar matahari.

Factor pelindung dari suatu krem merupakan daya menyaring sinar UV. Jenis krem yang dipakai tergantung dari berapa lama kira-kira pemakai akan berada dibawah sinar matahari tanpa kulitnya terbakar. Misalnya seseorang yang sudah merah kulitnya setelah terkena sinar matahari selama 30 mneit, bila menggunakan krem dengan factor 6, berarti dapat memperpanjang masa itu dengan 6 kali, sampai 180 menit. Sediaan dengan PABA 5% dalam alcohol, propilenglikol dan metilselulosa (penetrase) memiliki factor 17, bahkan kini sudah dapat dibeli krem dengan factor pelindung 50 atau 60! Perhatikan bahwa setelah berkeringat atau terkena air, perlu mengulang penggunaan krem untuk menjamin efek melindunginya.

BACA:  Cara Mencegahan Mabuk Jalan Dengan Obat Rumah Tangga

Perawatannya sama dengan penanganan luka bakar stadium ke-1.

TOPIK MENARIK LAINNYA

nama ilmiah jamur tape, kalpanak cair, ginseng direndam sprite, Minyak ayam untuk tanduk domba, cara menyimpan tembakau agar tidak berjamur, minyak ikan untuk tanduk domba, swedikasi, cara membengkok kan kaca pipet, Antimo di campur fanta, Khasiat belerang merah dari makkah, perbedaan antimo dan dramamine, merk obat batuk mengandung kodein, Selubung lendir yang melapisi bagian luar dinding sel bakteri berfungsi untuk, Anak kucing menelan karet, efek samping dari daun kapuk

Leave a Reply