Antibiotika dan Docetaxel

https://kesehatankeluarga.netDocetaxel (taxotere) adalah derivate semi sintetis (1995) dengan efek dan mekanisme kerja yang sama dan lebih kurang 2 kali lebih aktif dari pada paclitaxel.

Kedua obat bersifat sangat lipofil dan tak larut dalam air. Plasma t½ nya kurang lebih 11 jam. Berhubung resiko retensi air, maka terapi diawali dengan premedikasi deksametason 16 mg/hari selama 4-5 hari.

Dosis: infuse i.v. 100 mg/m2 permukaan badan dari larutan 0,3-0,9 g/l setiap 3 minggu.

Antibiotika (sitotoksis)

Beberapa antibiotika yang berasal dari jenis jamur streptomyces juga berkhasiat sitostatis, disamping kerja antibakterinya.

Zat-zat ini dapat mengikat DNA secara kompleks, sehingga sintesanya terhenti. Yang penting adalah doksorubisin, daunorubisin dan derivate sintetisnya (epirubisin, idarubisin, mitoxantron), bleomisin, actinomisin (Lyovac, Cosmegen) dan mitomisin (Mytomycin-C). Obat terakhir terutama berkhasiat alkilasi. Onkolitika ini tidak digunakan sebagai antibiotika karena terlalu toksis.

BACA:  Obat-Obat Khusus Untuk Mengatasi Rasa Mual

TOPIK MENARIK LAINNYA

bahaya infus bergelembung, Kasiat serbuk erba, biopradyn, Mentega untuk tanduk domba, bagaimana jika bentadin kalduasa diapakai, cara membuat gelang dari tanduk domba, cara mengatasi tembakau yang berjamur, Obat tertusuk tusuk sate, 120 gram gula setara dengan berapa sendok makan, apakah kucing menyusui boleh makan ragi, cairan infus tahan berapa lama setelah di buka, Antimo campur kopi hitam, apakah yakult bisa untuk kucing, cito veuron, Lagi batuk boleh minum You C 1000 pa ngga\