Antibiotika dan Docetaxel

 

https://kesehatankeluarga.netDocetaxel (taxotere) adalah derivate semi sintetis (1995) dengan efek dan mekanisme kerja yang sama dan lebih kurang 2 kali lebih aktif dari pada paclitaxel.

Kedua obat bersifat sangat lipofil dan tak larut dalam air. Plasma t½ nya kurang lebih 11 jam. Berhubung resiko retensi air, maka terapi diawali dengan premedikasi deksametason 16 mg/hari selama 4-5 hari.

Dosis: infuse i.v. 100 mg/m2 permukaan badan dari larutan 0,3-0,9 g/l setiap 3 minggu.

Antibiotika (sitotoksis)

Beberapa antibiotika yang berasal dari jenis jamur streptomyces juga berkhasiat sitostatis, disamping kerja antibakterinya.

Zat-zat ini dapat mengikat DNA secara kompleks, sehingga sintesanya terhenti. Yang penting adalah doksorubisin, daunorubisin dan derivate sintetisnya (epirubisin, idarubisin, mitoxantron), bleomisin, actinomisin (Lyovac, Cosmegen) dan mitomisin (Mytomycin-C). Obat terakhir terutama berkhasiat alkilasi. Onkolitika ini tidak digunakan sebagai antibiotika karena terlalu toksis.

BACA:  Apa Obat Khusus untuk Eksim

TOPIK MENARIK LAINNYA

Harga pipet di Apotik K24, efek samping neprholit, theramichin, cara mengatasi luka getah jambu mente, larutan burowi, penanganan mata terkena getah katus, Getah kaktus kena mata, Cara mengobati mata Terkena getah kaktus, anti nyeri kecelakaan, rohto cool untuk anak 3 tahun, ginjal minum yakult, reaksi em kapsul, pel atom k24, em kapsul, biji pateng