Tips Obat untuk Pengobatan sendiri Infeksi Cacing

https://kesehatankeluarga.netObat-obat tersendiri

Mebendazol (vermox) memiliki khasiat luas terhadap minimal 5 jenis cacing yang telah dibahas pada postingan sebelumnya, Merupakan pilhan pertama pada infeksi cacing-cacing tersebut karena ampuh dan aman, terkecuali pada infeksi cacing pita. Mungkin terhadap infeksi cacing tambang obat lain (pirantel) lebih efektif. Selain mamatikan cacing, juga memusnahkan larva dan telurnya (cacing gelang/cambuk).

 

Wanita hamil tidak dianjurkan menggunakannya karena percobaan terhadap hewan menunjukkan kerusakan pada janin.

Efek sampignya hanya ringan karena penyerapannya kedalam darah hanya sedikit. Diare dan nyeri perut kadangkala terjadi , juga reaksi hipersensitif.

Dosis cacing keremi : dewasa dan anak diatas 2 tahun: 1 tablet (100 mg), setelah 14 hari diulang 1 tablet lagi untuk mematikan cacing yang menetas dari telur yang belum dimusnahkan.

Cacing gelang/tambang/cambuk/pita/benang: 2 kali sehari 1 tablet (100 mg) selama 3 hari berturut-turut. Bila setelah 3 minggu belum sembuh pengobatan perlu di ulang. Dapat juga sebagai dosis tunggal 1 kali 500 mg sekaligus (vermox 500). Pada infeksi campuran dari salah satu cacing ini dengan cacing keremi, dosis ini juga berlaku.

Pirantel (combantrin) adalah obat bebas W, yang sama efektifnya dengan mebendazol terhadap cacing keremi, gelang dan tambang. Berkhasiat melumpuhkan cacing yang kemudian dikeluarkan melalui peristaltic usus tanpa memerlukan pencahar. Penyerapannya kedalam darah hanya sedikit.

Efek samping hanya terjadi pada dosis tinggi berupa mual, diare, nyeri kepala, demam dan ruam. Wanita hamil tidak dianjurkan minum obat ini.

Dosis: dewasa 2-3 tablet 250 mg sekaligus, anak 0,5-2 tablet 125 mg atau 0,5-2 sendok teh sirop menurut usia (10 mg/kg berat badan)

Levamisol (ascaridil) adalah juga obat bebas W yang berkhasiat kuat terhadap cacing gelang dan tambang, sama efektifnya dengan mebendazol. Efek sampingnya hanya jarang terjadi dan ringan, berupa mual, muntah, nyeri kepala dan reaksi alergi pada kulit. Wanita hamil tidak dianjurkan minum obat ini.

BACA:  Infeksi Cacing Gelang

Dosis : dewasa dan anak diatas 16 tahun 3 tablet/sendok the dari 50 mg sekaligus setelah makan selama 2 hari. Anak 5-15 tahun 2 tablet dan anak 1-5 tahun 1 tablet. Dosis umumnya adalah 2,5 mg/kg berat badan.

Piperazin (upixon,W) berkhasiat melumpuhkan cacing keremi dan gelang, juga bekerja sebagai pencahar lemah. Piperazin harus diminum selama 7 hari lamanya. Penyerapan obat dari usus baik sehingga risiko timbul efek samping ( pada saraf) lebih besar karena itu kini jarang digunakan lagi. Efek samping obat pada dosis tinggi berupa keracunan saraf, seperti kejang-kejang dan halusinasi.

Dosis : terhadap cacing gelang, dewasa dan anka diatas 6 tahun : 3 sendok (=15 ml = 3 g). anak 1-2 tahun : 1 sendok the (=1g), 3-5 tahun: 2 sendok the (=2g). terhadap cacing keremi: dosis sama, tetapi selama 4-7 hari.

TOPIK MENARIK LAINNYA

bahan alami yang bikin orang pingsan saat tidur, Bokep gadis bawah umur, bokep anak kecil, Manfaat buah pateng, khasiat biji pat, bokep anak dibawah umur, beli biji pateng, zensoderm bs ga untuk luka bakar?, Lendir budeku, bokep anak sd bawah umur, apakah domperidone sama dengan antimo, Efek minum antimo campur kopi, membuat obat bius dengan antimo, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm