4 Jenis Allergen Penyebab Alergi

kesehatankeluarga.netPada umumnya allergen dapat masuk kedalam tubuh melalui saluran nafas (inhalan), saluran cerna (ingestan), menempel pada kulit (kontaktan), atau injeksi (injektan).

Contoh masing-masing allergen tersebut antara lain:

 
  • Allergen inhalan : bulu hewan, tungau, debu rumah dan jamur.
  • Allergen ingestan: telur,susu, ikan, udang, daging babi, tomat, kopi, cokelat, kacang tanah dan obat Oral
  • Allergen kontaktan: tumbuhan beracaun, kosmetika dan logam(perhiasan, jam tangan, dan lain sebagainya)
  • Allergen injektan: penisilin

Pollen adalah benang sari dari tanaman yang penyerbukannya dilakukan oleh angin. Sebetulnya butir-butir tepung ini merupakan sel perbanyakan benang sari dari jenis rumput dan pohon, yang terbentuk dalam jumlah besar sekali. Bila allergen adalah tepung sari, maka terjadilah alergi terhadap pollen yang juga disebut demam musiman, yaitu deman yang disebabkan oleh alergi terhadap rumput kering.

Demam musiman (hay fever) sebagai akibat dari penggabungan antigen-antibodi sel-sel tertentu yang berada di saluran pernafasan melepaskan zat-zat perantara (mediator), antara lain histamine, prostaglandin dan leukotrien. Mastcells ini berfungsi menetralisasi serangan dari “penyerbu asing”, antara lain mengusahakan untuk mengeluarkannya (bersin hebat dan mata berair). Setiap penderita demam musiman mengenal gejala-gejala ini, yang seringkali disertai peradangan selaput lendir (hidung tersumbat, mata merah, rasa terbakar, kaligata, biduran, gatal-gatal dan nyeri tenggorokkan).

BACA:  Teori Stimulus Inflamasi

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

teori penyakit berdasarkan simpul penyakit, teori penyakit berdasarkan simpul, kegunaan salep boor, Cara membius anjing lewat makanan, broklat obat apa, cara kerja obat chytotex, nama-nama OTOT beserta nama latinnya, bokep anak kecil baratn, Amankah yakult untuk kucing, tanduk kambing menusuk kepala, cara beli pipet kaca di apotik, apa bedanya dramamine sama antimo, harga pipet tetes di apotik, pil erba, efek minum antimo 5 butir