4 Jenis Allergen Penyebab Alergi

kesehatankeluarga.netPada umumnya allergen dapat masuk kedalam tubuh melalui saluran nafas (inhalan), saluran cerna (ingestan), menempel pada kulit (kontaktan), atau injeksi (injektan).

Contoh masing-masing allergen tersebut antara lain:

  • Allergen inhalan : bulu hewan, tungau, debu rumah dan jamur.
  • Allergen ingestan: telur,susu, ikan, udang, daging babi, tomat, kopi, cokelat, kacang tanah dan obat Oral
  • Allergen kontaktan: tumbuhan beracaun, kosmetika dan logam(perhiasan, jam tangan, dan lain sebagainya)
  • Allergen injektan: penisilin

Pollen adalah benang sari dari tanaman yang penyerbukannya dilakukan oleh angin. Sebetulnya butir-butir tepung ini merupakan sel perbanyakan benang sari dari jenis rumput dan pohon, yang terbentuk dalam jumlah besar sekali. Bila allergen adalah tepung sari, maka terjadilah alergi terhadap pollen yang juga disebut demam musiman, yaitu deman yang disebabkan oleh alergi terhadap rumput kering.

Demam musiman (hay fever) sebagai akibat dari penggabungan antigen-antibodi sel-sel tertentu yang berada di saluran pernafasan melepaskan zat-zat perantara (mediator), antara lain histamine, prostaglandin dan leukotrien. Mastcells ini berfungsi menetralisasi serangan dari “penyerbu asing”, antara lain mengusahakan untuk mengeluarkannya (bersin hebat dan mata berair). Setiap penderita demam musiman mengenal gejala-gejala ini, yang seringkali disertai peradangan selaput lendir (hidung tersumbat, mata merah, rasa terbakar, kaligata, biduran, gatal-gatal dan nyeri tenggorokkan).

BACA:  Obat untuk Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina